Loading...

Penyebab Longsor di Kecamatan Parakansalak dan Cibadak Sukabumi

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:42 WIB
Penyebab Longsor di Kecamatan Parakansalak dan Cibadak Sukabumi
Penyebab Longsor di Kecamatan Parakansalak dan Cibadak Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur sejumlah wilayah Sukabumi sejak sore hingga malam ini, Jumat (6/12/2019).

Hal ini mengakibatkan sejumlah bencana  hidrometeorologi di sejumlah wilayah, diantaranya bencana longsor yang terjadi sekira pukul 19.30 WIB di Kampung Pasirbatok, RT 30/RW 09, Desa Sukakersa, Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun material longsor menutup akses jalan penghubung antar desa hingga mengakibatkan kendaraan roda empat tidak bisa melintas.

BACA JUGA : Tabrakan Truk Dengan Angkot di Jalan Raya Sukabumi - Palabuhanratu

Tidak hanya terjadi di Kecamatan Parakansalak, diwaktu bersamaan longsor juga terjadi di Kecamatan Cibadak.

Data yang diterima TatarSukabumi.ID dari Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna menjelaskan, longsor mengakibatkan 1 unit rumah milik Endang warga Kampung Johor, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak rusak berat. 

"Penyebab bencana dari beberapa kasu yang terjadi akibat hujan deras, kami menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat cuaca yang cukup ekstrem belakangan ini," kata Daeng, Jumat (6/12).

BACA JUGA : Masuki Musim Penghujan Dishub Jabar Pasang Rambu Tambahan di Daerah Rawan Longsor di Sukabumi

Tidak hanya menerjang rumah Endang, potensi longsor juga mengancam satu rumah lainnya.

"Tidak ada korban atas kejadian ini, kerusakan rumah ditaksir mencapai 12 juta rupiah, saat ini pemilik rumah mengungsi di saudaranya," jelas Daeng.

"BPBD telah menyiagakan petugas siaga di setiap kecamatan, untuk perkembangan serta informasi selanjutnya, akan dilakukan update secara berkala apabila terdapat laporan bencana susulan," ungkap Daeng.(*)