Kantor Perdana Menteri Republik Timor Leste Pelajari Audit Sosial ke Pemkab Sukabumi

Kamis, 05 Desember 2019 - 23:47 WIB
Kantor Perdana Menteri Republik Timor Leste Pelajari Audit Sosial ke Pemkab Sukabumi
Kantor Perdana Menteri Republik Timor Leste Pelajari Audit Sosial ke Pemkab Sukabumi
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Kantor Perdana Menteri Republik Timor Leste bersama Forum ONG Timor Leste (Fongtil) di fasilitasi oleh Seknas Fitra (Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sukabumi dalam rangka sharing terkait audit sosial.

Diterima wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono didampingi Ketua Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat (FSKSS) Yani Jatnika Marwan, di Gedung Pendopo Sukabumi, Kamis (5/12/2019).

Nori Maria Soares, selaku ketua Unit Sosial Audit dibawah Kantor Perdana Menteri Timur Leste, mengatakan kunjungan ini merupakan study banding dan sharing kegiatan audit sosial, untuk mempelajari pelayanan bidang kesehatan, pendidikan, dan sosial kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

"Dengan kegiatan ini, kami mendapat pengalaman baru yang nantinya akan di-implementasikan. Yang kami dapat disini akan kami terapkan untuk memperbaiki serta mensejahterakan masyarakat terutama bidang kesehatan dan pendidikan di Timor Leste," kata Nori, Kamis (5/12).

BACA JUGA : Inilah 5 Sektor Unggulan Industri Non-Agro Sukabumi, Zulkifli : Sukabumi Kaya Tapi Kekayaannya Belum Bisa Dirasakan Masyarakat

Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono, menyampaikan bahwa konsep Kabupaten sehat tidak hanya fokus terhadap pelayanan kesehatan saja, namun lebih menyeluruh kepada seluruh aspek yang mempengaruhi kesehatan masyarakat baik jasmani dan rohani.

Lebih jauh Adjo menambahkan, Kabupaten Sukabumi telah memenuhi klasifikasi sebagai Kabupaten Sehat dibuktikan dengan penghargaan Swasti Saba yang diraih Pemkab Sukabumi dengan tiga tahapan yakni, Swasti Saba Padapa (Pemantapan), Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan) dan Swasta Saba Wistara (Pengembangan).

"Di tahun 2015 Pemkab Sukabumi telah mendapat anugerah Swasti Saba Padapa. Pada tahapan ini tatanan yang dipilih oleh Kabupaten Sukabumi yaitu tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat" jelas Adjo.

BACA JUGA : Masyarakat Desa Sukabumi Sadar Hukum, Kemenkum HAM Berikan Anugerah Anubhawa Sasana Desa

Sementara itu, Fitra menyambut baik kehadiran NGO dan Pemerintah Timor Leste di Sukabumi.

Dengan kunjungan ini kedua belah pihak bisa saling belajar mengenai audit sosial.

Fitra menilai, dengan kunjungan ini Pemkab Sukabumi dapat menjadikan ajang tersebut sebagai suplemen untuk terus meningkatkan dan mengakomodasi partisipasi masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan daerah.(*)