Jelang Pelantikan Presiden Jokowi, Polres Sukabumi dan TNI Gelar Pasukan

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 13:55 WIB
Jelang Pelantikan Presiden Jokowi, Polres Sukabumi dan TNI Gelar Pasukan
Jelang Pelantikan Presiden Jokowi, Polres Sukabumi dan TNI Gelar Pasukan
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Apel konsolidasi gabungan TNI, Polri, dan Unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi dalam rangka pengamanan jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada 20 Oktober besok, dilaksanakan di Taman Kota Karangtengah, Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Sabtu (19/10/2019).

Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi selaku pimpinan apel gabungan dalam pengarahannya mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan kondusivitas kamtibmas serta mengantisipasi potensi pengerahan massa dari Sukabumi menuju Jakarta pada pelantikan Presiden.

"Mekanismenya kita akan melaksanakan penyekatan yang berangkat ke Jakarta baik itu ormas maupun elemen masyarakat lainnya,"

"Walaupun pelantikan dilaksanakan di Jakarta, namun Sukabumi adalah daerah penyangga Ibukota, kita membantu rekan kita juga yang sedang melaksanakan pengamanan di Jakarta," kata Nasriadi dalam arahannya, Sabtu (19/10).

BACA JUGA : Jelang Pelantikan Presiden, Polresta Sukabumi Tingkatkan Patroli dan Operasi Cipta Kondisi

Lebih jauh Kapolres Sukabumi menjelaskan, sebelumnya Polres Sukabumi juga telah melakukan upaya preventif bersama unsur Muspida dengan mengundang seluruh elemen masyarakat untuk memberikan himbauan agar tidak terjadi pengerahan massa ke Ibukota Jakarta.

Kepada seluruh anggota tim gabungan, Nasriadi meminta agar anggota tetap mengutamakan santun dalam bertugas.

"Jaga faktor keamanan dan kesehatan selama melaksanakan pengamanan yang akan dilaksanakan 2 hari hingga 20 Oktober 2019,"

"Laksanakan pengamanan dengan tetap mengutamakan santun dan represif, periksa dan tanya siapapun warga masy yang mencurigakan," tandasnya.

BACA JUGA : Pejabat Sukabumi Tersandung Kasus Korupsi, Kajari : Ada Tunggulah Sebentar Lagi

Ditempat yang sama Dandim 0622 Sukabumi, Letkol Arm Suyikno, mengatakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden adalah harkat dan martabat Negara Indonesia.

"Mari kita bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat, karena giat ini adalah momentum Internasional,"

"Presiden dan Wakil Presiden adalah simbol Negara, ini adalah tanggung jawab kita bersama bukan hanya tanggung jawab TNI Pri namun tanggung jawab seluruh warga negara, marilah kita bersinergi dalam melakukan pengamanan ini," tegas Suyikno.

Dalam apel juga digelar TWG (Tactical Wall Game) dilanjutkan dengan briefing pembagian tugas penyekatan, dipimpin oleh Kabagops Polres Sukabumi, Kompol Sumarta.

Nantinya, penyekatan akan dilakukan di 2 titik penyekatan yakni di Bojongkokoson Parungkuda,dan di wilayah terminal Benda, Cicurug.(*)