TINDAK TEGAS JIKA ADA OKNUM BERMAIN

Kamis, 13 Juli 2017 - 00:00 WIB

TINDAK TEGAS JIKA ADA OKNUM BERMAIN
TINDAK TEGAS JIKA ADA OKNUM BERMAIN

KABUPATEN SUKABUMI,

Radang selaput pelindung sistem saraf pusat disebut juga meningitis. Penyakit ini dapat disebabkan oleh mikroorganisme, luka fisik, kanker, atau obat-obatan tertentu. Meningitis adalah penyakit serius karena letaknya dekat otak dan tulang belakang, sehingga dapat menyebabkan kerusakan kendali gerak, pikiran, bahkan kematian.

Penyakit ini kalau tidak dicegah atau tidak diobati dengan baik bisa berakibat fatal yaitu kematian atau wabah penyakit yang berkepanjangan yang menyebabkan kematian, kalau pun diobati ada kemungkinan sembuh tapi bisa menyebabkan kecacatan. Penyebaran terjadi melalui udara. Dari udara kemudian masuk ke dalam tenggorokan, lalu ke darah dan bisa mencapai otak sehingga mengakibatkan radang selaput otak dikarenakan kerusakan pada kendali gerak dan pikiran.

Kebanyakan kasus meningitis terjadi di Negara endemis seperti Saudi Arabia Suatu penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme, seperti virus, bakteri, atau jamur Meningococcus  yang menyebar dalam darah ke cairan otak. Karena jika sampai kecairan otak , walaupun penderita dapat disembuhkan, pasti akan mengalami kecacatan pada tubuhnya.

Sangat pentingnya pemberian vaksin kepada warga negara indonesia yang akan menunaikan ibadah haji perlu lebih di tanamkan, ini semata bukan hanya sebagai pelengkap sebuah persyaratan agar mereka bisa menyambangi tanah suci , melainkan sebuah kesadaran akan pentingnya arti kesehatan baik untuk dirinya sendiri bahkan untuk warga lainnya setelah mereka pulang melaksanakan ibadah haji. Bahkan Badan Kesehatan Dunia WHO (WORLD HEALTH ORGANIZATION) pun sangat menganjurkan, agar Pemerintah indonesia dapat melakukan tindakan preventif untuk berupaya mencegah penyebaran virus ini.

Harapannya , pemerintah bersama Dinas terkait (DINAS KESEHATAN) mulai dari tingkatan paling atas hingga tingkatan terbawah harus bisa melaksanakan tugas ini sebaik baiknya secara profesional, sesuai prosedural karena hal ini sangat vital bagi keselamatan serta kesehatan seluruh masyarakat , sehingga jika masih ada oknum oknum yang melaksanakan diluar standar prosedur atau bahkan bermain  di harap dapat segera ditindak tegas.

Melakukan vaksin bagi calon jamaah haji bukan hanya melindungi mereka yang akan berkunjung tapi juga negara asal tujuan kembalinya jamaah setelah berhaji. Bila tak divaksin, mereka yang terjangkit bakteri bisa menjadi carrier dan membawa bakteri ke populasi yang lebih besar. Umumnya gejala meningitis adalah nyeri di kepala, leher kaku, kulit kemerahan, penurunan kesadaran dan kejang-kejang. Umumnya beberapa orang tak menyadarinya, mengira hanya terserang flu biasa.(dian)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI