PENTINGKAH SAVE GUNUNG SUNDA ?

Kamis, 13 Juli 2017 - 00:00 WIB

PENTINGKAH SAVE GUNUNG SUNDA ?
PENTINGKAH SAVE GUNUNG SUNDA ?

Gunung Sunda, yang namanya semakin melambung sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi. Dengan ketinggian kira kira 600 Mdpl, yang berada di Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, bila di tempuh jaraknya kurang dari satu jam dari pusat kota Sukabumi.

Pasalnya, akhir akhir ini masyarakat terutama  para pengguna media sosial seolah serentak menyuarakan penyelamatan Gunung Sunda dari ancaman ekploitasi oleh sebuah perusahaan.
Netizen di media sosial  mengklaim jika ekploitasi yang nantinya dilakukan akan mengancam kelestarian alam, termasuk didalam nya merusak tatanan air resapan serta merusak cuaca yang mengakibatkan suhu udara kota Sukabumi menjadi panas , juga merusak nilai sejarah serta peninggalan karuhun (pendahulu)

Sebenarnya upaya penyelamatan Gunung Sunda sudah dilakukan sejak beberapa tahun kebelakang, awalnya desas desus bahwa Gunung Sunda akan dijadikan areal pertambangan pasir kuarsa oleh sebuah perusahaan , namun pada awal september 2016 warga sekitar, dikejutkan dengan adanya larangan untuk melakukan aktivitas apapun di atas Gunung Sunda serta seolah olah meminta penutupan lokasi Gunung Sunda untuk semua pihak , dikarenakan akan menggangu perusahaan dalam upaya memulai ekplorasi pasir kuarsa.
PT. Holcim Indonesia  adalah sebuah perusahaan semen yang saham utamanya dimiliki pihak asing , Perusahaan ini awalnya bernama PT Semen Cibinong Tbk yang didirikan pada tahun 1971. kemudian mengakuisisi / membeli sebagian sahamnya pada 13 Desember 2001,
Holcim memiliki tiga pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat, Cilacap, Jawa Tengah, dan Tuban, Jawa Timur dengan total kapasitas maksimum 12.5 juta ton semen per tahun. Kepemilikan saham Holcim adalah Lafarge holcim group sebesar 80.65% dan sisanya dimiliki publik HANYA KURANG DARI 20%SAJA , jelas sudah aset alam bangsa ini di bawa ke negara swiss sedang warga sekitar hanya menikmati sebagai buruh kasar, supir truk angkutan atau sebatas satpam penjaga

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI