Nekad !!! Siswa Melakukan Asusila Di WC Sekolah

Kamis, 13 Juli 2017 - 00:00 WIB

Nekad !!! Siswa Melakukan Asusila Di WC Sekolah
Nekad !!! Siswa Melakukan Asusila Di WC Sekolah

Kabupaten Sukabumi, Kita butuh langkah nyata untuk menangkis pengaruh buruk yang bisa menyebabkan maraknya tindakan asusila di kalangan pelajar belakangan ini.
Maraknya kasus asusila di dunia pendidikan, baik yang melibatkan siswa, guru, dan anak usia di bawah umur belakangan ini di Sukabumi, harus mendapat perhatian serius dari bupati, kita harus  prihatin dengan perkembangan moral dan mental remaja belakan ini.
Sekolah mungkin harus lebih bisa mengoptimalkan kegiatan kegiatan di sekolah dan meminta pihak orang tua memaksimalkan pola pendampingan terhadap anak.
Pernyataan ini bukan tanpa alasan. Baru-baru ini, kembali diduga sepasang murid yang masih duduk di kelas 1  sebuah SMK di Kabupaten sukabumi telah melakukan tindakan asusila di dalam lingkungan sekolah. Mungkin perbuatan tersebut seolah jadi tren di dunia pendidikan.
Untuk mencegah hal itu, peran sekolah dan orang tua sangat diperlukan dalam memberikan pencerahan dan pengawasan terhadap anaknya. Pembinaan mental dan keagamaan harus ditingkatkan, baik di sekolah maupun oleh orang tua.
Di sekolah misalnya, optimalkan kegiatan ekstrakurikuler yang mengarah pada pembinaan mental agar tidak terjerumus dengan hal yang negatif, memperbanyak kegiatan positif di sekolah di luar jam pelajaran akademik dapat mempersempit ruang gerak remaja untuk berbuat hal-hal negatif dan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk kegiatan-kegiatan positif, dan nantinya secara otomatis bisa memperkokoh mental serta moral para pelajar.
Lingkungan pergaulan di luar sekolah pun sangat mempengaruhi perilaku siswa didik. Oleh sebab itu, keluarga dan masyarakat juga diminta aktif untuk menjaga lingkungan yang ramah dan mencegah terjadinya hal-hal yang tak bermoral, Masyarakat harus ikut berperan aktif dalam membentuk moral remaja dan pelajar. Hal tersebut penting dilakukan, karena tanpa pendampingan dan pengawasan orang tua perkembangan moral anak akan sulit terkontrol.
Memecahkan persoalan ini tidak boleh hanya melibatkan orang tua dan sekolah. Tidak boleh juga hanya menyalahkan pemerintah, namun yang terpenting semua komponen harus peduli terhadap perkembangan anak, termasuk tokoh agama di lingkungannya,
Namun tetap perlu ada sanksi tegas bagi para siswa yang melakukan aksi Asusila, Apalagi kalau dilakukan di saat jam pelajaran(di dalam lingkungan sekolah) sebagai sebuah efek jera agar tidak terjadi seperti itu lagi.... (BERSAMBUNG)
Ilustrasi oleh dian

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI