Gelombang Tinggi Laut Ujung Genteng Sukabumi, Air Laut Tumpah Kejalan

Jumat, 03 Agustus 2018 - 00:00 WIB

Gelombang Tinggi Laut Ujung Genteng Sukabumi, Air Laut Tumpah Kejalan
Gelombang Tinggi Laut Ujung Genteng Sukabumi, Air Laut Tumpah Kejalan
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Puncak Gelombang tinggi air laut menerjang Pesisir Pantai Ujunggenteng, dan Pantai Cibuaya, Sukabumi, terjadi dini hari tadi sekira pukul 02.00 WIB Rabu [25/7/2018],

Ombak diperkirakan mencapai ketinggian lebih dari 4 meter menyapu pesisir pantai, beberapa Perahu bermesin diesel yang bersandar disepanjang Pesisir mengalami kerusakan cukup parah.

BACA JUGA : 7 Perahu serta Puluhan Bangunan Rusak Parah Akibat Gelombang Tinggi Air Laut di Palabuhanratu

Dari pantauan TatarSukabumi.ID, Meski sebagian Nelayan sempat menyelamatkan Perahu ke darat yang cukup jauh dari bibir pantai, beberapa Perahu yang masih bersandar disepanjang pantai berbahan piber rata rata mengalami pecah pada bagian samping Perahu, diduga akibat benturan dengan perahu lainnya.

Ombak besar mengakibatkan Banjir Rob, Air laut sempat naik hingga kebadan Jalan tepi Pantai, bahkan rumah hingga halaman beberapa penginapan di Cibuaya sempat terkena limpahan air laut.

BACA JUGA : Gelombang Tinggi Akibatkan Banjir Rob, Situasi Terakhir Palabuhanratu Malam Ini

Rusanti (30) warga Surade, mengungkapkan kerusakan beberapa perahu milik keluarganya, " ya kata mamah ada beberapa perahu yang terparkir mengalami kerusakan pada bolong akibat benturan, belum tau pasti berapa jumlah perahu yang mengalami kerusakan tersebut," ungkap Rusanti keluarga Nelayan yang memiliki Perahu Sinar Genteng, Rabu [25/7/2018].

Hal senada di ucapkan Azam Febryan (34) Warga Batu Namprak Desa Pangumbahan mengungkapkan, "Ombak dari mulai beberapa hari yang lalu memang cukup tinggi namun yang paling besar malam tadi sekira pukul 02.00 WIB, air laut sampai kejalan bahkan masuk kolong penginapan, dampaknya halaman serta jalan dipenuhi material dari laut seperti batuan karang serta sampah," tutur Azam.

BACA JUGA : Kapolresta Sukabumi Lakukan Upaya Pencarian Pedagang Tutut Agar Kasus Keracunan Massal Terang Benderang

"Hal ini membuat tidak nyaman pengunjung, dari luar kota bahkan bule,  sejak pagi tadi sekira pukul 05.00 WIB  sudah chek out, mungkin ketakutan kalau ada ombak besar datang ke penginapan tidak kelihatan, karena kawasan pantai Cibuaya belum ada penerangan jalan (PJR) yang ada cuma penerangan dari penginapan," beber Azam.

Menurut Azam, tidak ada Perahu Nelayan Pantai Cibuaya yang mengalami kerusakan, Namun di Pantai Ujung Genteng beberapa Perahu yang bersandar mengalami kerusakan, "Banyak Nelayan menaikan Perahu kelapangan Pos Detasemen TNI AU Atang Sendjaja, puluhan perahu nelayan diparkir dilapangan yang berjarak sekitar 100 meter dari pantai, mungkin kalau di parkir ditepi pantai takut rusak terhempas ombak kembali," pungkasnya.(*)

Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi