Tanggap Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Sukabumi Simulasi Bencana Akan Digelar Oktober Mendatang

Jumat, 26 Oktober 2018 - 00:00 WIB

Tanggap Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Sukabumi Simulasi Bencana Akan Digelar Oktober Mendatang
Tanggap Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Sukabumi Simulasi Bencana Akan Digelar Oktober Mendatang

Rapat Koordinasi Simulasi Tanggap Bencana di Sukabumi // Foto : Rapik Utama (16/10/2018)


TatarSukabumi.ID -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat koordinasi mitigasi dan simulasi tanggap bencana Gempa bumi dan Tsunami di Aula Gedung BKPSDM, Kadupugur kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Selasa [16/10/2018].


Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi dilokasi kegiatan kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan, "ini adalah kegiatan dalam rangka persiapan tanggap darurat siaga bencana, karena kita ketahui Sukabumi diwilayah Selatan merupakan pesisir pantai yang rawan terjadi gempa bumi, karena didepan wilayah tersebut pertemuan lempengan Indo - Australia yang tidak kita inginkan terjadi Tsunami," ungkap Orang nomor satu diwilayah hukum Polres Sukabumi, Selasa [16/10/2018].


BACA JUGA : Mitigasi, Simulasi Tanggap Bencana Gempa Bumi di Sukabumi


Kapolres menegaskan, bila terjadi peristiwa bencana seperti yang terjadi di Palu Sulawesi Tengah, seluruh elemen masyarakat baik Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi, Polres Sukabumi dan Kodim 0622 telah siap melakukan penanggulangan.


"Yaitu penyamaan persepsi misi dan visi terhadap penanganan penanggulangan tanggap darurat, artinya pertama ketika prakejadian kita sudah terlebih dahulu mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwasanya apabila terjadi sesuatu hal evakuasi kemana, kemudian ini adalah penekanan pada pasca kejadian yakni
penanganan terhadap korban bencana baik itu korban yang meninggal atau luka," beber AKBP Nasriadi.


BACA JUGA : 8 Warga Sukabumi Hilang Kontak, Beberapa Korban Mengalami Patah Kaki Akibat Gempa dan Tsunami Palu


Kapolres bersama seluruh jajaran siap berkoordinasi melibatkan seluruh Dinas , Badan, dan seluruh elemen masyarakat dalam upaya tanggap bencana.


Kapolres menghimbau ," Nanti hasil dari sini kita akan melakukan namanya simulasi, baik itu berupa simulasi posko maupun simulasi aksi. Nanti pada simulasi akan kita undang masyarakat terutama masyarakat pesisir di Selatan , baik itu pemerintah kecamatan, desa maupun tokoh-tokoh masyarakat untuk bisa menyaksikan simulasi tersebut, dengan tujuan agar nanti bila terjadi sesuatu hal kita sudah tahu akan berbuat apa dan untuk apa kita berbuat kegiatan ini," pungkas Kapolres.


BACA JUGA : Tim Buser Polres Sukabumi dan Polsek Cibadak Ringkus 2 Pelaku Pembunuhan di Cianjur dan Banten


Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri yang ditemui tempat yang sama mengungkapkan, "Intinya kita Pemerintah daerah inginkan antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di wilayah Sukabumi, untuk waktu pelaksanaan simulasi bencana adalah minggu ke IV bulan Oktober," ujar Iyos Somantri.


Pantauan TatarSukabumi.ID, acara ini dipimpin langsung Kapolres Sukabumi dalam pemetaan jelang pelaksanaan simulasi dan persiapan apel siaga, simulasi tanggap bencana darurat oleh semua unsur Dinas terkait, TNI/ POLRI, Basarnas, PMI dan seluruh perangkat daerah kabupaten Sukabumi.


Acara juga membahas pembentukan pos komando utama yang dibawahnya terdapat beberapa posko yaitu posko pelayanan kesehatan, pengungsian, evakuasi bencana, logistik dan posko media informasi.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI