Durian Lokal Sukabumi Menjadi Icon Kebanggaan Ditingkat Nasional

Rabu, 06 Februari 2019 - 00:00 WIB

Durian Lokal Sukabumi Menjadi Icon Kebanggaan Ditingkat Nasional
Durian Lokal Sukabumi Menjadi Icon Kebanggaan Ditingkat Nasional
Banner Dalam Artikel


TatarSukabumi.ID - Untuk memperkenalkan buah Durian lokal Sukabumi, Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Festival Duren-Duren 2 yang digelar di Taman Wisata Batu Karut Grand Inna Samudra Beach, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Jumat (1/2/2019).


Data yang diperoleh dari Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi tercatat, sedikitnya 159 ribu pohon durian tersebar di Kabupaten Sukabumi dengan sentra Durian diantaranya berada di Cikakak, Ciemas, Cikembar, Warungkiara Cikidang, Purabaya dan Cisolok.


BACA JUGA : Nikmati 5 Ribu Buah Durian di Festival Duren-Duren 2 Cuma Bayar 50 Ribu Rupiah Makan Durian Sepuasnya


Ditemui dilokasi festival Duren-Duren, Sudrajat selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi mengatakan bahwa Festival Durian yang digelar kali ini merupakan salah satu bagian dalam pencarian varietas durian terbaik di Sukabumi dan nantinya akan dijadikan sebagai varietas unggulan lalu akan dipatenkan menjadi icon durian Sukabumi.


"Dari jumlah tanaman durian yang ada saat ini 60 persen diantaranya durian lokal. dari varietas unggul yang dihasilkan akan didaftarkan ke tingkat nasional akan di hak patenkan menjadi durian khas Sukabumi,"


"Kami juga akan mencari varietas lokal durian terbaik untuk di daftarkan menjadi varietas unggul Nasional, sampai saat ini yang sudah terdaftar sebagai varietas unggul nasional lebih dari 100 jenis dan sudah dirilis di Kementerian Pertanian" ujar Sudrajat, Jumat (1/2/2019).


BACA JUGA : Mengejutkan Vanessa Juarai Festival Duren-Duren di Sukabumi


Selain sebagai ajang seleksi varietas unggulan, Festival ini juga dimaksudkan untuk dijadikan sebagai bagian dari promosi sekaligus daya tarik bagi pengunjung wisata Geopark Ciletuh.


"Kegiatan ini diselenggarakan untuk mendukung dalam pengembangan destinasi wisata Geopark Ciletuh, kami merasa perlu untuk mempromosikan durian lokal Sukabumi kepada para wisatawan," tandasnya.


BACA JUGA : Icip-icip Durian Gandaria Asli Sukabumi, Sisa Peninggalan Kolonial Belanda Harganya Selangit


Dari pantauan TatarSukabumi.ID di lokasi festival Duren-Duren 2, sebanyak 30 stand telah disiapkan panitia penyelenggara yang dipenuhi beragam jenis durian dan olahan berbahan dasar durian hasil produksi masyarakat Kecamatan Cikakak.


Hanya dengan mengeluarkan uang 50 ribu rupiah, semua pengunjung bebas untuk menikmati buah berduri khas Cikakak Sukabumi.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Asep M-Rhe/ Dian Syahputra Pasi