Akan Dibangun Gedung Bioskop Baru di Kabupaten Sukabumi

Kamis, 26 Oktober 2023 - 11:51 WIB
Akan Dibangun Gedung Bioskop Baru di Kabupaten Sukabumi
Akan Dibangun Gedung Bioskop Baru di Kabupaten Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Dalam waktu dekat masyarakat kabupaten Sukabumi akan kembali memiliki Gedung Bioskop.

Dalam beberapa dekade tidak ditemukan satu Gedung Bioskop pun di Kabupaten terluas kedua se-Pulau Jawa dan Bali ini, namun tidak lama lagi Gedung Bioskop akan didirikan di Karangtengah, Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan di Kantor Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sukabumi, Konsultan PT Surya Anugerah Media,Tomi Ardi kepada TatarSukabumi.ID menyatakan saat ini tengah dilakukan pengurusan proses perizinan pembangunan Gedung Bioskop di wilayah Karangtengah Cibadak.

"Barusan rapat di Dinas Pertanahan dan Tata Ruang dengan mengundang semua stakeholder, mulai dari perangkat desa Karangtengah, MUI Kecamatan cibadak dan dinas teknis. Pada prinsipnya semua mendukung. kami sedang mengurus proses perijinan sampai dengan terbitnya persetujuan bangunan gedung," ujar Tomi Ardi kepada TatarSukabumi.ID, Rabu (25/10/2023).

BACA JUGA : Rapar Paripurna Penyampaian Laporan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sukabumi

Didalam proses perizinan, Tomi memastikan pihaknya telah mengantongi surat keterangan domisili, rekomendasi Camat serta surat keterangan dari MUI Cibadak.

"Disamping itu sesuai dengan PP nomor 5 tentang perizinan perusahaan beresiko, kita juga sudah mengantongi nomor induk perusahaan dan persetujuan kegiatan pemanfaatan ruang (PKPR). Jadi dari sisi legal formal tidak ada soal untuk proses perijinan ini," beber Tomi.

Lebih jauh kepada TatarSukabumi.ID Tomi membeberkan seperti apa Gedung Bioskop yang akan didirikan di Kota Nayor Cibadak.

"Akan dibangun tiga gedung dimana satu gedung itu berkapasitas 102 sheet (kursi) ,sehingga total sheet itu 306. Untuk luas lahan kurang lebih 3005 meter persegi dan luas bangunan itu dibawah 1000 meter persegi," paparnya.

BACA JUGA : Nasib Dana Tabungan Nasabah di Perumda BPR Kabupaten Sukabumi

Tomi berharap  pembangunan Gedung Bioskop memiliki kebermanfaatan baik bagi pelaku usaha, masyarakat maupun pemerintah daerah.

"Karena dari sisi positif akan terbuka banyak peluang tenaga kerja, khususnya akan ada pengembangan pusat keramaian yang mendukung perencanaan kota kecamatan Cibadak," tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pelayanan Perizinan DPMPTSP Kabupaten Sukabumi, Nina Widiawati, kepada TatarSukabumi.ID menyatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi senantiasa mendukung investasi yang masuk di wilayahnya.

"Diharapkan akan terjadi peningkatan ekonomi, salah satunya dapat menampung tenaga kerja," tutur Nina.

"Untuk tahapan perizinan baru pembahasan surat keterangan rencana kota (SKRK) , Setelah terbit SKRK lalu surat pernyataan kesanggupan pengelolaan pemantauan lingkungan hidup (SPPL) akan terbit otomatis. Selanjutnya izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan izin parkir kami ingatkan layanan dasarnya harus ditempuh, dan kami tekankan sebelum izin itu diproses semua selesai agar jangan dulu ada aktivitas kegiatan pembangunan, mudah-mudahan dalam prosesnya lancar dan kondusif," jelas Nina.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI