Jokowi Resmikan Tol Bocimi Seksi II, Investasi Jawa Barat Meningkat

Jumat, 04 Agustus 2023 - 13:06 WIB
Jokowi Resmikan Tol Bocimi Seksi II, Investasi Jawa Barat Meningkat
Jokowi Resmikan Tol Bocimi Seksi II, Investasi Jawa Barat Meningkat

TatarSukabumi.ID - Presiden Joko Widodo resmikan Jalan Tol Bocimi Seksi II (Cigombong - Cibadak) sepanjang 11,90 kilometer, Jumat 4 Agustus 2023.

Dalam persemian ini, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN, Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri.

"Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan," ungkap Presiden Jokowi, Jumat (04/08).

BACA JUGA : Tunggu Relokasi Jembatan Lalay Warungkiara Diperbaiki

Sebelumnya Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak telah beroperasi secara fungsional pada Lebaran Idul Fitri lalu.

Pada pembukaan fungsional 15 April hingga 1 Mei 2023 lalu tercatat peningkatan arus lalu lintas harian rata-rata (LHR) sebesar 66,20 persen dibandingkan periode mudik 2022 yaitu dengan rata-rata sekitar 38.716 kendaraan yang melintas.

"Kita harapkan dengan selesainya ruas jalan ini, kalau kita ke Palabuhanratu, ke Ciletuh, ke Ujunggenteng, ke Gunung Gede, yang sebelumnya dari Jakarta ke Sukabumi memakan waktu sampai 5 jam, kadang bisa sampai 6 jam, menjadi lebih cepat," ungkap Presiden.

Lanjut Jokowi, dengan dibukanya jalan Tol Bocimi Seksi II diharapkan lama perjalanan dapat dipangkas hingga setengahnya.

"Sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam. Ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang," ujar orang nomor satu di Indonesia.

BACA JUGA : Moge Adu Banteng Bus Pariwisata di Ruas Jalan Sukabumi - Palabuhanratu

Dengan percepatan mobilitas tersebut diharapkan mampu lebih meningkatkan investasi masuk ke Sukabumi khususnya umumnya Provinsi Jawa Barat.

"Karena dari survei para investor yang ada, Provinsi Jawa Barat menduduki rangking yang pertama untuk investasi" jelasnya.

Peresmian Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong - Cibadak kata Jokowi, merupakan hadiah Hari Kemerdekaan ke 78 Republik Indonesia.

BACA JUGA : Minimalisir Resiko Kecelakaan Pelajar Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler

Usai peresmian Tol Bocimi, Presiden Jokowi beserta rombongan tinjau pasar Semi Modern Parungkuda.

Dikesempatan tersebut Presiden sempat berinteraksi langsung dengan para pedagang dan masyarakat.

Sementara itu Waki Bupati Sukabumi, Iyos Somantri  menyampaikan rasa syukur atas diresmikannya Tol Bocimi Seksi II.

"Alhamdulillah dengan dilaksanakannya leresmian jalan tol Bocimi sesi 2, Insha Allah waktu tempuh perjalanan  bisa lebih cepat, harapannya adalah setelah diresmikannya jalan tol  ini bisa mempermudah wisatawan banyak ke Sukabumi, Geopark Ciletuh, Palabuahanratu, sehingga pertumbuhan ekonomi  masyarakat meningkat serta iklim investasi semakin baik" ungkap Iyos Somantri.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI