Kronologi Petugas Survey Jembatan Kementerian PUPR Jatuh Terseret Arus Sungai Cimahi Sukabumi

Jumat, 05 Mei 2023 - 21:44 WIB
Kronologi Petugas Survey Jembatan Kementerian PUPR Jatuh Terseret Arus Sungai Cimahi Sukabumi
Kronologi Petugas Survey Jembatan Kementerian PUPR Jatuh Terseret Arus Sungai Cimahi Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Sekitar pukul 17.00 WIB sore tadi, seorang pekerja survey jembatan dilaporkan hanyut terseret arus Sungai Cimahi, yang berada di Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (05/05/2023).

Informasi yang berhasil dihimpun TatarSukabumi.ID di lokasi kejadian, korban hanyut merupakan Billy, Dia merupakan anggota tim survey jembatan yang bekerja di salah satu konsultan.

"Korban merupakan petugas survey yang tengah mengecek kondisi jembatan Cimahi, Cicantayan," hal ini diungkap Camat Cicantayan, Anwari, di lokasi kejadian, Jumat (05/05).

BACA JUGA : Dinsos Kabupaten Sukabumi Siapkan Relawan Tagana yang Tangguh

Lebih jauh menurut Camat, dari keterangan saksi-saksi di TKP, Billy bersama 4 rekannya tengah melakukan survey kondisi jembatan Cimahi atas kerjasama dengan Kementerian PUPR.

"Dari keterangan para saksi konsultan dari kementerian PUPR, kejadian sekitar kurang lebih jam 5 sore, korban atas nama Billy terjatuh ke sungai dan hanyut," kata Anwari.

"Korban sesuai KTP merupakan warga Lebak, Banten," sambung Dia.

Dari lokasi kejadian terpantau, sejumlah instansi terkait melakukan upaya pencarian, namun untuk sementara pencarian dihentikan mengingat kondisi mulai malam.

"Kita telah berkoordinasi dengan berbagai stakeholder terkait dan Basarnas, untuk sementara sesuai SOP pencarian dihentikan mengingat kondisi malam, besok pencarian akan kembali dilakukan," beber Camat Cicantayan.

BACA JUGA : Rescue Damkar Evakuasi Jenazah Korban Terpeleset Kedalam Sumur Kering di Cibadak

Ditempat yang sama, Aldi (23 tahun) saksi sekaligus rekan kerja korban membenarkan insiden yang menimpa rekan kerjanya terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

Menurut Aldi mereka berlima tengah melakukan pengecekan kondisi jembatan Cimahi, mereka melakukan pemotretan dan pengukuran jembatan.

"Sebelumnya korban memotret visual dari atas jembatan, sementara Saya sama Rifki bagian mengukur," kata Aldi.

Sebelum kejadian, sempat terjadi hujan yang cukup lebat, setelah hujan korban turun ke bagian bawah jembatan untuk melakukan visual bawah.

"Setelah memotret bagian atas, korban ke bawah jembatan, lalu kita bertiga menyusul ke bawah," tutur Aldi beberkan kronologi kejadian.

Selanjutnya, Korban berusaha melewati jembatan untuk mencoba mengambil visual dari sisi lain sungai.

"Korban nyeberang sampai ke mulut jembatan, namun tiba tiba air meluap naik," kata Aldi kepada TatarSukabumi.ID.

BACA JUGA : Lansia 70 Tahun di Cibadak Masuk Dalam Sumur Kering

Diduga akibat hujan lebat sebelumnya, air tiba-tiba meluap, hingga korban terjebak ditengah aliran air Sungai.

Tiga rekan korban berusaha menolong dengan melempar seutas tali kepada Billy, dan berhasil digapai korban.

Namun air semakin deras hingga ketiga rekan yang mencoba menarik korban cukup kewalahan.

Kita sempat melempar tali, dan ditalikan ke sebatang pohon, namun pohon patah, kami bertiga tidak kuat menahan hingga korban terseret air," tutur Aldi.

Dalam kejadian ini, Billy dilaporkan hanyut terseret arus air Sungai Cimahi, sejumlah petugas masih terpantau standby di lokasi kejadian melakukan visual darat.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI