Tanggap Bencana, Bupati Sukabumi Intruksikan Beberapa Hal Atasi Bencana Gempa Lebak Banten

Selasa, 06 Februari 2018 - 00:00 WIB

Tanggap Bencana, Bupati Sukabumi Intruksikan Beberapa Hal Atasi Bencana Gempa Lebak Banten
Tanggap Bencana, Bupati Sukabumi Intruksikan Beberapa Hal Atasi Bencana Gempa Lebak Banten



TatarSukabumi.ID- Rapat darurat penanganan bencana Gempa Bumi sehubungan telah terjadinya bencana Gempa Lebak Banten Selasa lalu (23/1) yang telah menimbulkan kerusakan pemukiman, sarana prasarana infrakstruktur serta fasilitas sosial maupun umum diwilayah kabupaten Sukabumi, dilaksanakan di Aula Gedung Pendopo Sukabumi, Sabtu (27/1).

Bupati Sukabumi Drs. H. Marwan Hamami dalam rapat ini menegaskan,
"Percepatan Persoalan penanganan bantuan Harus lebih cermat, tidak boleh ada mark up. Jangan sampai tidak terkondisikan, " tegas Bupati.

BACA JUGA : Inilah Puluhan Foto Pasca Gempa Lebak Banten

Hal lain yang ditegaskan oleh Bupati, Bantuan bencana ini harus bisa dipertanggungjawabkan baik dalam realisasi dilapangan maupun laporan ke Pemerintah Daerah.

Bupati juga menjelaskan kondisi bangunan yang rusak sebagian merupakan bangunan rutilahu (rumah tidak layak huni) sehingga nantinya anggaran yang digelontorkan tidak tumpang tindih antara bantuan bencana dengan bantuan rutilahu.

BACA JUGA : Terkuak! Hujan dan Angin Cukup Kencang, Berikut Faktanya

Dalam rapat khusus kali ini, Bupati juga mengintruksikan seluruh puskesmas untuk melakukan siaga aktif 24 Jam, bagi Dinas Kesehatan diharapkan mengedepankan pelayanan, "dalam status kedaruratan jangan sampai muncul lagi viralnya warga masyarakat akan biaya kesehatan," tegas Bupati.



Dalam rapat yang dihadiri oleh seluruh Camat, TNI /Polri ini Bupati mengharap seluruh elemen diwajibkan berperan aktif, "Camat dan Danramil harus bisa memverifikasi data mencatat secara baik agar bantuan sosial terdistribusi secara baik serta tepat guna, dan tepat sasaran." ungkap Marwan.

Dalam kegiatan rapat darurat dalam penanganan bencana gempa bumi dihadiri perwakilan BPBD provinsi jawa barat, Sekretaris daerah, asisten daerah, kepala dinas dan camat se-Kabupaten Sukabumi.(*)

Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi


TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI