Supermoon Nanti Malam Waspada Potensi Gelombang Tinggi

Kamis, 28 Februari 2019 - 00:00 WIB

Supermoon Nanti Malam Waspada Potensi Gelombang Tinggi
Supermoon Nanti Malam Waspada Potensi Gelombang Tinggi

Foto : Ilustrasi // TatarSukabumi.ID

Foto : Ilustrasi // TatarSukabumi.ID


TatarSukabumi.ID - Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi gelombang pasang, Selasa (19/2/2019).


Potensi gelombang pasang laut dipacu oleh fenomena Supermoon yang akan berlangsung nanti malam.


BACA JUGA : Gerhana Total dan Supermoon Berpotensi Sebabkan Gelombang Air Laut Tinggi


Fenomena Supermoon adalah gerhana Bulan yang terjadi saat jarak bulan dengan bumi sedang dalam posisi terdekatnya atau disebut dengan istilah perigee (titik terdekat bumi dan bulan).


Fenomena Supermoon yang akan terjadi malam ini, juga disebut dengan Super Snow Moon dimana posisi bulan berada pada titik terdekat dengan bumi yang terjadi di bulan Februari, dengan posisi tersebut maka gravitasi bulan akan semakin besar, sehingga memicu potensi terjadinya air pasang.


BACA JUGA : Wajib Tahu! Seperti Ini Status Vulkanik Gunung Salak yang Masih Aktif


Melalui keterangan tertulisnya, BMKG meminta masyarakat, khususnya yang berada di pesisir utara Jakarta, Pesisir Utara Jawa Barat hingga Pesisir Utara Jawa Timur, dan sebagian Pesisir Kalimantan, untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi air laut.


BMKG mengingatkan potensi gelombang tinggi laut juga bisa berpengaruh kepada terganganggunya aktivitas trasportasi Kapal di sekitar Pelabuhan, aktivitas bongkar muat di pelabuhan serta aktivitas petani garam dan perikanan.(*)


Sumber : BMKG
Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI