Status Letusan Gunung Tangkuban Parahu Bandung Level 1

Selasa, 30 Juli 2019 - 00:00 WIB

Status Letusan Gunung Tangkuban Parahu Bandung Level 1
Status Letusan Gunung Tangkuban Parahu Bandung Level 1
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Gunung Tangkuban Parahu yang berdiri menjulang pada ketinggian 2284 meter diatas permukaan laut (Mdpl) di Lembang Bandung Utara Kota Bandung Jawa Barat sejak pukul 15:48 WIB sore tadi mengalami erupsi, Jumat (26/7/2019).


Letusan tinggi kolom abu teramati mencapai ketinggian 200 meter dengan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan.


Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi kurang lebih 5 menit 30 detik.


BACA JUGA : 10.691 Balita di Sukabumi Mengalami Stunting


Dari pantauan Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu menyatakan hingga sore ini Gunung Tangkuban Parahu masih berada pada status level 1 (normal).


Meski masih dalam status normal, Badan Geologi menghimbau Masyarakat maupun wisatawan yang berada di sekitar Gunung Tangkuban Parahu untuk tidak mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas (kawah aktif).


BACA JUGA : Mahasiswi Asal Cianjur Ditemukan Nyaris Tanpa Busana Tewas di Sukabumi


Wisatawan juga diharapkan untuk tidak menginap didekat lokasi kawah aktif yang berada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu karena dikhawatirkan saat cuaca mendung dan hujan terdapat gas vulkanik yang dapat membahayakan manusia.


Masyarakat juga diminta untuk mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas.(*)


Sumber : KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu
Editor : Dian Syahputra Pasi