Jalur Ganda Kereta Api Sebentar Lagi Memasuki Cicurug - Sukabumi

Selasa, 27 Maret 2018 - 00:00 WIB

Jalur Ganda Kereta Api Sebentar Lagi Memasuki Cicurug - Sukabumi
Jalur Ganda Kereta Api Sebentar Lagi Memasuki Cicurug - Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Forum Grup Diskusi ( FGD) digelar dalam rangka penyusunan Dokumen UKL-UPL pembangunan Jalur Ganda (Double Track) Kereta Api antara Cigombong-Cicurug oleh PT. MITRA A, di prakarsai Kemenhub Dirjen Perkeretaapian, Balai teknik Perkeretaapian Wilayah Jabar satuan kerja kegiatan pengembangan Perkeretaapian Jabar, digelar di Aula UDKP Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, Selasa [20/3/2018].

Diskusi ini membahas penyusunan Dokumen lingkungan pembangunan Jalur Ganda Kereta api antara Cigombong (Kab. Bogor) - Cicurug ( Kab. Sukabumi).

BACA JUGA : Terobos Pintu Kereta di Cicurug Sudah Biasa

Forum ini merupakan forum aspirasi masyarakat terkait dampak lingkungan baik dari dampak positif maupun dampak Negatif rencana kegiatan pembangunan Rel ganda KA antara Cigombong (Kab. Bogor) -Cicurug (Kab. Sukabumi) pada Tahap pra kontruksi, kontruksi hingga Operasi. 

Andi selaku Perwakilan dari Kementrian Perhubungan mengungkapkan, kegiatan ini, merupakan sosialiasi dampak lingkungan dari pembangunan Jalur Ganda KA,  menurutnya pengerjaan Jalur ganda KA ini bukan pekerjaan kecil, karena akan berdampak terhadap lingkungan baik dari alat berat, material yang melalui lingkungan dan dampak dari Hujan Besar serta Drainase pembuangan air hujan ke lingkungan warga.

"Kami dari balai teknik perkeretaapian bagian jawa Barat, bahwa Dirjen perkeretaapian dan kemenhub membuat suatu Dokumen yaitu UKL-UPL yg akan dpandu oleh Konsultan PT. ADI PRANATA. Konsultan akan mengadopsi semua keluhan dari warga masyarakat yg terdampak atau dirasakan Masyarakat," beber Andi.

BACA JUGA : KABAR BAHAGIA, JALUR KERETA API SUKABUMI BOGOR AKAN DOUBLE TRACK! JOKOWI : DUITNYA SUDAH ADA

Sementara itu, Deni,S.Si perwakilan PT. ADI PRANATA (Konsuktan Amdal) melakukan dialog untuk menampung saran, jejak pendapat serta keinginan masyarakat terkait dampak pembangunan Jalur Ganda KA (Cigombong-Cicurug).

Konsultan Amdal juga akan melakukan kajian secara mendalam untuk dapat dijadikan acuan dalam penyusunan Dokumen UKL-UPL pembangunan Jalur Ganda KA Cigombong-Cicurug.

BACA JUGA : Jokowi Tawar Menawar Dengan Menhub, Masalah Jalur Kereta Sukabumi - Bogor

Sekmat Cicurug Sugiman, S.Ip sangat mengapresiasi Masyarakat yang hadir dalam acara ini, antusias warga tampak dari jumlah tamu hadir yang melebihi kuota undangan, menurut Sekmat, Forum Diskusi ini menyusul agenda dari pihak PT KAI yang telah mengundang warga di 3 Titik (Desa benda, Desa Tenjoayu dan Kel. Cicurug) untuk mensosialisaikan pembangunan Jalur Ganda KA dari Cigombong hingga Cicurug dengan jarak 7 Km.

Turut hadir dalam kegiatan, Kapolsek Cicurug AKP Simin A. Wibowo, S.H, Sekmat Cicurug Sugiman, S.Ip, Peltu Dwi Suhartoyo ( Mewakili Danramil 0713/Cicurug), Andi Priyatna (satker Perkeretaapian Jabar, balai teknik perkeretaapian Wil Jawa bagian barat ),Perwakilan Tokoh Masyarakat, Tokoh agama, Ketua RT/RW Desa Tenjoayu, Desa Benda dan Kelurahan Cicurug yg terkana dampak Jalur Ganda KA.(*)

Reporter : Isep Panji / Editor : Dian Syahputra Pasi

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI