Header AD

Unik! Warga Gang Lipur Sukabumi Rayakan Kemerdekaan


TatarSukabumi.ID - Warga Gang Panglipur RT 01/RW 08, Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi rayakan puncak peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, Sabtu (7/9/2019).


Ada nuansa berbeda dalam puncak perayaan Kemerdekaan RI ke-74 kali ini, seluruh warga masyarakat Gang Panglipur mengenakan pakaian adat Sunda, seluruh kegiatan mulai dari perlombaan hingga hiburan di isi dengan seni budaya Sunda.


BACA JUGA : Pembagian Wilayah dan Nominatif 240 Desa Penyelenggara Pilkades Serentak Kabupaten Sukabumi 2019


Untuk diketahui, Gang Panglipur atau kerap biasa disebut Gang Lipur berada tepat di tengah pusat Kota Sukabumi, keberadaan Gang Lipur hanya berjarak sekitar 10 meter dari titik Nol Sukabumi.


Salah satu icon Gang Lipur yang melegenda adalah ajang transaksi dan penjualan barang bekas (Loak) yang berjejer sejak mulai masuk hingga penghujung gang yang tembus langsung ke Pasar Pelita Sukabumi.


BACA JUGA : Kerajinan Asal Sukabumi Tembus Papua


Tidak hanya Loak, sejumlah kuliner asal Gang Lipur juga terkenal, sebut saja Bakso Nugraha dan Es Campurnya, Nasi rames dan aneka kuliner lainnya.


Di Gang Lipur juga, ada seorang seniman yang namanya merambah hingga 32 Negara di dunia, adalah Muhammad Sidik Saepul Rahman, seorang seniman lukisan bara api, Dia juga merupakan Pemuda Pelopor wakil dari Kota Sukabumi yang berprestasi di tingkat Provinsi Jabar, sekaligus mewakili jabar di ajang Nasional.



Prestasi terkini lainnya, Posyando dan Karang Taruna RW 08 Gang Panglipur berhasil meraih penghargaan tingkat 3 Provinsi Jawa Barat.


BACA JUGA : Baju Gading Selfie Depan Baliho, Bawaslu Minta ASN Jaga Kode Etik Agar Tidak Terjadi Kegaduhan


Dalam perayaan Kemerdekaan ke-73 ini, masyarakat dihibur dengan berbagai seni budaya lokal, mulai dari penayangan film dokumenter Gang Lipur, penampilan Pencak Silat, Dongeng Sunda Legenda Situ Bagendit, Pementasan Seni Karinding, tarian serta penampilan seni anak anak setempat.


Acara ini juga dihadiri Anggota DPRD Kota Sukabumi, Dani Ramdhani, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Cikole, Perwakilan Kelurahan Gunungparang, dan sejumlah tokoh masyarakat.



"Para pejuang mendapat kemerdekaan dengan tidak mudah, beda dengan negara-negara lain, kita mendapat kemerdekaan dengan perjuangan,"


"Untuk itu, kita yang hidup saat ini isilah perjuangan dengan mengisi kemerdekaan sesuai dengan kapasitasnya masing masing," kata Sulaeman Muchtar, tokoh Masyarakat Gang Lipur.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Unik! Warga Gang Lipur Sukabumi Rayakan Kemerdekaan Unik! Warga Gang Lipur Sukabumi Rayakan Kemerdekaan Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, September 07, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads