Header AD

Seperti Ini Pendapatan Anggota DPRD Setiap Bulannya


TatarSukabumi.ID - 35 Anggota Dewan Perwakilan Raktyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi terpilih, masa periode 2019 – 2024 secara sah dilantik dan mulai Senin (2/9) mulai resmi melaksanakan kewajibannya sebagai wakil rakyat.


Setelah resmi dilantik, Anggota DPRD Kota Sukabumi tersebut akan mulai menerima gaji pertamanya di bulan Oktober 2019, tidak tanggung-tanggung, secara umum hak yang akan diterima oleh para legislator mencapai sekitar 34 juta rupiah lebih.


Hal ini diungkap Sekretaris DPRD Kota Sukabumi, Asep L Sukmana, menurutnya sejak dilantik para wakil rakyat tersebut akan mulai menerima hak keuangannya terhitung sejak Oktober depan.


BACA JUGA : Baju Gading Selfie Depan Baliho, Bawaslu Minta ASN Jaga Kode Etik Agar Tidak Terjadi Kegaduhan


Adapun hak keuanga yang akan diperoleh oleh para anggota dewan tersebut diantaranya, Gaji pokok atau uang Representasi senilai Rp. 1.575.000, tunjangan istri Rp. 157.500, tunjangan anak Rp. 63000, tunjangan jabatan Rp. 2.283.750, tunjangan beras Rp. 289.000, tunjangan khusus pph Rp. 184.632, tunjangan perumahan Rp. 15.000.000, unjangan Komunikasi intensif Rp. 10.500.000, dan Pendapatan Transportasi senilai Rp. 9.900.000.


“Setelah dipotong PPH dan PPN, total hak keuanggan yang akan diterima mereka sebesar  Rp. 34.458.930,” papar dia, saat diwawancara di Gedung DPRD Kota Sukabumi, Selasa (3/9) kemarin.


Masih kata Asep, hak keuangan tersebut belum termasuk uang paket, uang tunjangan panitia musyawarah, uang  tunjangan komisi, tunjangan panitia anggaran, tunjangan badan kehormatan, dan pendapatan lainnya.


BACA JUGA : Penjelasan RK Terkait Rencana Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat


Saat ini, sambung Asep, anggota dewan yang baru dilantik belum masuk kedalam alat kelengkapan DPRD, seperti halnya, Pimpinan DPRD, Badan Musyawarah, Komisi, Badan Anggaran, Badan Kehormatan, dan alat kelengkapan lain.


"Kalau nanti sudah terbentuk alat kelengkapan dan mereka sudah ada didalamnya. Maka hak keuangannya juga bertambah lagi. Jadi semakin cepat terbentuk, penghasilannya pun akan semakin cepat bertambah," jelas Asep.


Untuk posisi ketua DPRD akan mendapat perbedaan hak keuangan, salah satunya tidak mendapat tunjangan transportasi, karena telah diberikan fasilitas mobil dinas dan sopir.


"Kemudian ada juga perbedaan di uang representasi atau gaji pokok. Semakin tinggi jabatannya semakin besar hak keuangannya," pungkasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Seperti Ini Pendapatan Anggota DPRD Setiap Bulannya Seperti Ini Pendapatan Anggota DPRD Setiap Bulannya Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, September 04, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads