Header AD

Penyusunan RAD Desa Perbatasan Sukabumi, Bahas Rumusan Penanganan Tingkat Kompleksitas Masalah Hingga Karateristik Wilayah


Wisata Karangpara Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Untuk menciptakan sinergitas perencanaan pembangunan Desa perbatasan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, melaksanakan kegiatan penyusunan Rencana Aksi Desa (RAD), Kamis (5/9/2019).


Kepala Bidang Pemberdayaan Desa pada DPMD Kabupaten Sukabumi,  Andriyansyah, mewakili Kepala DPMD mengatakan, kegiatan penyusunan RAD ini diikuti oleh seluruh Sekretaris Desa, hal ini dilakukan untuk mensinergitaskan perencanaan pembangunan wilayah khusunya desa yang berada di perbatasan baik antar Provinsi maupun antar daerah (Kota/Kabupaten).


"Untuk wujudkan itu perlu disusun indikasi program terpadu yang mengacu kepada rumusan penanganan, sesuai tingkat kompleksitas masalah yang dihadapi, serta karateristik wilayah, di imbangi inovasi kreatif pengembangan potensi sumber daya lokal," kata Ardiansyah, Kamis (5/9).


BACA JUGA : Pembagian Wilayah dan Nominatif 240 Desa Penyelenggara Pilkades Serentak Kabupaten Sukabumi 2019


Dalam pelaksanaan kegiatan, perwakilan setiap Desa membawa rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) 2020 dan Daftar Usulan (DU-RKPDesa) tahun 2021.


Diharapkan nantinya, Pemerintah Desa khususnya yang berada di wilayah perbatasan memiliki terobosan program yang tepat guna dan bermanfaat melalui penyusunan Rencana Aksi Desa (RAD).


"Pengembangan pembangunan dan inovasi diharapkan mampu meningkatkan potensi wilayah, salah satunya dengan menonjolkan ciri khas (Desa) tersendiri, sehingga efektivitasnya bisa meningkatkan pendapatan asli desa (PADes)," beber Ardiansyah.


BACA JUGA : Baju Gading Selfie Depan Baliho, Bawaslu Minta ASN Jaga Kode Etik Agar Tidak Terjadi Kegaduhan


Dari sejumlah Desa perbatasan, salah satu Desa Kabupaten Sukabumi yang berbatasan dengan wilayah Pemerintahan Kota Sukabumi telah berhasil dalam inovasi pengembangan destinasi wisata.


Adalah Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh yang berbatasan dengan wilayah Kota Sukabumi telah berhasil dengan Wisata Karangpara.


"Disitu jelas tampak manfaat dari pelaksanaan usulan anggaran pembangunan dan pemberdayaan yang dikelola pemerintah desa bersama warga masyarakat setempat, mulai pengembangan usaha ekonomi produktif warga, seni budaya, pencegahan kerusakan alam dan lain sebagainya, bisa saling menopang hingga kelak potensi wisata alam menghasilkan PADes demi kesejahteraan khususnya masyarakat desa," beber Andry.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Penyusunan RAD Desa Perbatasan Sukabumi, Bahas Rumusan Penanganan Tingkat Kompleksitas Masalah Hingga Karateristik Wilayah Penyusunan RAD Desa Perbatasan Sukabumi, Bahas Rumusan Penanganan Tingkat Kompleksitas Masalah Hingga Karateristik Wilayah Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, September 05, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads