Loading...

Pendaftaran Pilkades Sukabumi Segera Dibuka Inilah Syaratnya

Kamis, 05 September 2019 - 00:00 WIB
Pendaftaran Pilkades Sukabumi Segera Dibuka Inilah Syaratnya
Pendaftaran Pilkades Sukabumi Segera Dibuka Inilah Syaratnya

 

TatarSukabumi.ID - Pilkades serentak Kabupaten Sukabumi merupakan Pilkades ke-dua terbesar se-Jawa Barat setelah Kabupaten Bogor.

 

Sedikitnya 240 Desa di Kabupaten Sukabumi akan melaksanakan pesta demokrasi Pilkades yang akan dilangsungkan pada 17 November 2019 mendatang.

 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi telah menetapkan, agenda tahapan pelaksanakan Pilkades serentak tingkat Kabupaten Sukabumi, untuk tahapan pembukaan pendaftaran bagi bakal calon Kepala Desa (Balon Kades) dibuka selama 10 hari, mulai 9 hingga 19 September 2019.

 

Untuk pendaftaran Balon Kades bisa di perpanjangan dengan catatan apabila balon kades kurang dari 2 peserta hingga batas waktu pendaftaran diperpanjang hingga 24 September.

 

BACA JUGA : Pembagian Wilayah dan Nominatif 240 Desa Penyelenggara Pilkades Serentak Kabupaten Sukabumi 2019

 

Berikut ini merupakan persyaratan yang wajib dipenuhi bagi masyarakat yang akan mencalonkan diri menjadi Kepala Desa pada pesta demokrasi Pilkades 2019.

 

Bakal calon (Balon) wajib melengkapi formulir pendaftaran selanjutnya melengkapi persyaratan lainnya yakni surat pernyataan bersedia dicalonkan menjadi Kepala Desa (bermaterai Rp. 6000,-) yang disediakan oleh
Panitia Pilkades tingkat Desa.

 

Persaratan lainnya, setiap peserta wajib melengkapi pendaftaran dengan foto copy Ijazah terakhir (cap basah), melampirkan foto copy Ijazah sebelumnya, serta memperlihatkan ijazah aslinya, Foto Copy KTP Elektronik yang dilegalisir atau surat keterangan
telah melakukan perekaman data kependudukan bagi KTP Elektronik yang belum terbit.

 

Peserta juga wajib melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres, surat keterangan sehat dari RSUD dan surat keterangan bebas Narkoba dari Badan Narkotika (BNNK) atau lembaga lain yang ditunjuk dan difasilitasi oleh panitia Pilkades tingkat Kabupaten.

 

BACA JUGA : Jadwal Lengkap Tahapan Pilkades Serentak 2019 Tingkat Kabupaten Sukabumi

 

Bakal calon Kades, selanjutnya mengusi surat pernyataan tidak pernah menduduki jabatan Kepala Desa definitif selama 3 kali masa jabatan (bermaterai Rp. 6000,-).

 

Persyaratan terakhir adalah surat pernyataan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang-undang Dasar 1945, serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika yang telah sediakan oleh Panitia Pilkades Tingkat Desa bermaterai Rp. 6000,-.(*)

 

Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi