Header AD

Marwan Hamami : Perumda AM-TJM dan PT Lembaga Keuangan Mikro Sumbang PAD Signifikan


TatarSukabumi.ID - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, lantik dan ambil sumpah jabatan Ketua Dewan Pengawas Perumda AM-TJM (Air Minum Tirtajaya Mandiri) dan Komisaris Utama PT Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Kabupaten Sukabumi di Aula Pendopo Sukabumi, Jumat (6/9/2019).


Diambil sumpah dan janji jabatan, Ketua Dewan pengawas, sekaligus merangkap Anggota Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi periode 2019- 2023, Dedi Chardiman dan Dody Achdiyat Somantri, selaku Komisaris Utama PT LKM Sukabumi Periode 2019-2022.


BACA JUGA : Jaksa Jaga Desa, Kejari Sukabumi Akan Tindak Kades Nakal


Ditemui TatarSukabumi.ID usai kegiatan, Marwan Hamami mengatakan, sebagai ajang evaluasi tugas, mereka yang dilantik harus bisa memberikan pengawasan yang lebih optimal.


"Bilamana ada kendala teknis, kebocoran (saluran air) kwalitas air keruh, nah itulah nanti tugas pengawas untuk memperingatkan pihak managemen (AM-TJM)," kata Marwan kepada TatarSukabumi.ID, Jumat (6/9).


BACA JUGA : Pembagian Wilayah dan Nominatif 240 Desa Penyelenggara Pilkades Serentak Kabupaten Sukabumi 2019


Masih kata Marwan, pengisian dewan pengawas dan komisaris dilakukan setelah habis masa jabatan, karena syarat RUPR (rapat unit pemilik resiko) dan pertanggung jawaban harus melalui dewan pengawas dan komisaris.


Disinggung peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) bagi Pemkab Sukabumi dari kedua badan usaha ini, Marwan menjelaskan terjadi peningkatan di tahun 2017 -2018.


"Terkait PAD jelas ada, signifikan sebenarnya untuk dua perumda ini, untuk jumlah PAD 2018- 2019 saya belum melihat, cuma kan PAD pun tergantung juga proyeksi investasi, jadi misal tahun ini dapat 10 Milyar, nanti diikut sertakan kembali tidak dalam penyertaan modal, kan penyertaan modal hari ini antara kisaran 30-40 Milyar, nah itu nanti dalam setahun harus dikembalikan, kemudian berapa keuntungan nanti akan terlihat dari laporan, yang jelas dua perusahaan ini positif menguntungkan," beber orang nomor satu di Sukabumi.


BACA JUGA : Baju Gading Selfie Depan Baliho, Bawaslu Minta ASN Jaga Kode Etik Agar Tidak Terjadi Kegaduhan


Lebih jauh Marwan memaparkan, AM- TJM tidak lagi mendapat suntikan modal dari Pemkab Sukabumi.


"Hanya pinjaman bergulir, satu tahun juga sudah kembali," jelasnya.


Sempat ditanya awak media terkait, produksi air minum dalam kemasan (AMDK) oleh Perumda AM-TJM, Bupati Sukabumi angkat bicara.


"Bisa saja, karena untuk mengambil penghasilan harus ada desirtifikasi lanjutan, misalnya AMDK kan tidak mudah, tapi untuk di konsumsi misal pegawai pemerintah bisa, tapi itu harus ada inovasi," jelas Marwan. (*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Marwan Hamami : Perumda AM-TJM dan PT Lembaga Keuangan Mikro Sumbang PAD Signifikan Marwan Hamami : Perumda AM-TJM dan PT Lembaga Keuangan Mikro Sumbang PAD Signifikan Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, September 07, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads