Header AD

Kutipan Sumpah Janji Anggota DPRD Kota Sukabumi


TatarSukabumi.ID - 35 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sukabumi masa jabatan 2019 - 2024 resmi dilantik, di Gedung Anton Soedjarwo Stukpa Lemdikpol, Bhayangkara, Sukabumi, Senin (2/9/2019).


Rapat Paripurna pengucapan sumpah janji dipimpim Ketua DPRD periode sebelumnya, Yunus Suhandi.


Dalam sambutannya, Yunus menyatakan, pelantikan Anggota DPRD Kota Sukabumi terpilih mengacu pada Undang - undang nomir 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, junto pasal 28 peraturan pemerintah nomber 12 tahun 2018 yang menyebutkan, bahwa anggota DPRD sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah janji dalam rapat paripurna yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri setempat.


BACA JUGA : Baju Gading Selfie Depan Baliho, Bawaslu Minta ASN Jaga Kode Etik Agar Tidak Terjadi Kegaduhan


35 anggota DPRD Kota Sukabumi periode 2019 - 2024 terdiri dari 16 petahana dan 19 anggota DPRD wajah baru, dengan perolehan kursi, Partai Gerindra 6 kursi, Partai Golkar 6 kursi, PKS 5 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, PDI Perjuangan 4 kursi, PAN 3 kursi, Partai Nasdem 3 kursi, PPP 2 kursi, dan Partai Hanura 1 kursi.


Yunus mengungkapkan, menjadi seorang anggota DPRD sesungguhnya tidaklah mudah. Terlebih anggota DPRD memiliki ragam langkah dan berasal dari Konfigurasi Parpol yang berbeda - beda.


"Hal ini tentunya dapat menjadi tantangan guna menjadikan DPRD sebagai institusi yang kredibel, dan mampu menjalankan pungsi, tugas, dan kewenangannya," tutur Yunus.


BACA JUGA : Penjelasan RK Terkait Rencana Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat


Acara diawali dengan prosesi pemberhentian anggota DPRD Kota Sukabumi periode sebelumnya dan dilanjut pengukuhan dan pengucapan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Sukabumi.


Berikut ini petikan sumpah janji jabatan yang dipandu Ketua Pengadilan Negeri, diikuti semua anggota DPRD Kota Sukabumi terpilih masa bakti 2019 -2024.


"Bagi agama Islam, Demi Allah saya bersumpah. Untuk agama kristen, protestan, katholik, Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPRD Kota Sukabumi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD RI tahun 1945,"


"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang atau golongan,"


"Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara kesatuan RI. Yang kristen, protestan, khatolik semoga Tuhan menolong saya."(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Kutipan Sumpah Janji Anggota DPRD Kota Sukabumi Kutipan Sumpah Janji Anggota DPRD Kota Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Senin, September 02, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads