Header AD

Kerajinan Asal Sukabumi Tembus Papua


TatarSukabumi.ID - Karpet Rasfur asal Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mulai merambah Papua, Irian Jaya.


Dengan sistem penjualan online, hasil karya Yong Suryana, saat ini telah merambah hampir ke seluruh pelosok tanah air.


Ditemui di bengkel produksinya, Yong Suryana mengaku bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya.


Usaha Yong mendapat respon positif dari pemerintah Desa setempat, untuk lebih melebarkan sayap usaha, Yong mendapat suntikan modal senilai 30 juta rupiah dari program Dana Bergulir Pemerintah Desa Sundawenang.


"Berkat bantuan modal, usaha tambah lancar dan cakupan pemasaran semakin luas saat ini menembus pasaran Papua. Kami juga menambahkan produk lainya seperti sofa, boneka dan lainnya," kata Yong, Sabtu (6/9).


BACA JUGA : Jaksa Jaga Desa, Kejari Sukabumi Akan Tindak Kades Nakal


Menurut Yong, perhatian dari Pemerintah Desa Sundawenang diakui cukup membantu, saat ini Yong merekrut tenaga kerja lokal untuk meningkatkan hasil produksi.


"Kini saya menambah pekerja, awalnya hanya 6 orang, sekarang sudah ada 10 pekerja," tutur Yong.


Masih kata Dia, inovasi dan kreasi terus ditingkatkan, Yong mengikuti Festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diselenggarakan Pemkab Sukabumi di kawasan Situgunung belum lama ini, hasilnya, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengapresiasi dan merespon positif untuk pengembangan usaha yang digelutinya.


"Bupati membahas cara pemasaran produk saya melalui sistem online. Meski hanya sekitar 20 menit saja wawancara sama Bupati, respon beliau cukup baik dan akan membantu usaha kami melalui Kabid Koperasi dan UMKM Kabupaten Sukabumi, mudah-mudahan dengan program Pak Bupati, para UMKM bisa meningkatkan penjualan," bebernya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Kerajinan Asal Sukabumi Tembus Papua Kerajinan Asal Sukabumi Tembus Papua Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, September 07, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads