Header AD

Kawanan Monyet Ganggu Pemukiman Warga Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Warga Kampung Pamengpeuk, Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, beberapa hari terakhir dihebohkan dengan kawanan monyet liar yang merangsak masuk pemukiman warga, Kamis (12/9/201.


Sejumlah warga mengaku cukup terganggu atas kehadiran binatang liar yang dinilai cukup meresahkan warga tersebut.


Keluhan warga disuarakan Shanty, menurut dia, gangguan binatang liar ini cukup menimbulkan kecemasan bagi warga.


"Ada monyet ngacak-ngacak rumah orang,
punten pangmilarian keun solusina supados monyet na aya anu ngurus, (tolong carikan solusi untuk mengurus monyet liar)," kata  Shanty, Kamis (12/9).


BACA JUGA : Menggelitik, Dokter Gadungan di Sukabumi Beda Penyakit Dikasih Obat Sama


Lebih jauh Shanty mengatakan, Masyarakat yang kampungnya diserang primata ini minta dinas terkait agar bisa mengembalikan binatang liar tersebut ke habitatnya sebelum timbul korban maupun kerugian.


"Ada rumah warga yang sudah diacak- acak kawanan monyet, rumah mang Falah dan rumah Emak Ipah,"


"Kami minta secepatnya di kembaliken kehabitatnya, orang orang pada takut dan was was kalau mau ke kampung Pamengpek Girang atau ke Legok, soalnya monyet liar berkeliaran disitu," kata Shanty.


BACA JUGA : Kondisi Terkini Korban Keracunan Massal Karyawan Pabrik di Parungkuda Sukabumi


Saat di konfirmasi atas serangan monyet liar kepada pemukiman warga, Kepala Resort Gunung Kendeng, Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Yusril kepada TatarSukabumi.ID membenarkan pihaknya telah mendapat laporan dari warga atas gangguan kawanan monyet yang masuk ke pemukiman warga.


"Kami sudah mendapat laporan dari warga Pameungpeuk ada kawanan monyet masuk pemukiman," kata Yusri.


BACA JUGA : Pendaftaran Pilkades Sukabumi Segera Dibuka Inilah Syaratnya


Lebih jauh Yusril mengatakan dari pantauan sementara dilapangan, kawanan monyet liar yang beraktivitas di dekat pemukiman warga diduga bukan jenis primata endemik TNGHS.


Ada beberapa kemungkinan yang memicu kasus serangan monyet liar ini, diduga ada warga yang sengaja melepas monyet ekor panjang ke hutan.


"Karena monyet ekor panjang belum pernah kita temukan selama monitoring atau survey potensi keanekaragaman hayati disekitar Pameungpeuk," jelasnya.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Kawanan Monyet Ganggu Pemukiman Warga Sukabumi Kawanan Monyet Ganggu Pemukiman Warga Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, September 12, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads