Header AD

Acara Tahlil Berakhir Keracunan Massal, Marwan Hamami : Ini Bukan Kelalaian


TatarSukabumi.ID - Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan massal di Sukabumi menuai keprihatinan dari berbagai kalangan.


Pasalnya dalam kasus ini, sedikitnya 159 warga Kampung Pangkalan, Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjadi korban terpapar keracunan dan dua korban diantaranya meninggal dunia.


Hari ini, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami didampingi Penjabat Kepala Dinas Kesehatan, Harun Al rasyid beserta jajaran Forkopinda Kabupaten Sukabumi sambangi lokasi warga yang terpapar keracunan.


BACA JUGA : Kondisi Terkini Korban Keracunan Massal di Bantargadung Sukabumi 2 Korban Meninggal Dunia


"Dari laporan dan investigasi dari berbagai pihak ini daerah tidak pernah kejadian seperti ini (keracunan) tapi tetap kita akan lakukan evaluasi," kata Marwan Hamami, Jumat (13/9).


Hingga saat ini, belum dapat di pastikan penyebab keracunan warga, dugaan awal, keracunan disebabkan hidangan yang di sajikan dalam sebuah acara pengajian peringatan wafatnya salah seorang warga setempat (Tahlil), terjadinya keracunan massal pasca masyarakat menyantap hidangan yang diperoleh usai mengikuti acara tahlil.


Menanggapi hal ini, Marwan mengatakan acara tahlil ini merupakan tahlil 100 hari, jadi bukan tahlil pertama yang dilakukan, sebelumnya acara serupa di lakukan mulai tahlil hari pertama hingga ketujuh bahkan di hari ke -40 tahlil.


BACA JUGA : Ada Kendala Geser Bangkai Mobil Kasus Pembunuhan Sadis di Cidahu Sukabumi


"Jadi tahlilannya sudah beberapa kali, yang masaknya itu juga, tempat itu juga dan tidak terjadi apa-apa,"


"Jadi nanti kita akan telaah material bahan masakan, jadi nanti kita akan pelajari faktor-faktor penyebab keracunan," jelas Marwan.


Marwan berharap kasus keracunan massal di Sukabumi tidak kembali terulang, selanjutnya Bupati akan melakukan tes laboratorium material bahan yang dijadikan hidangan dalam acara tahlil tersebut.


"(Kasus) ini mungkin bukan kelalaian, ini mungkin karena ketidak tahuan dari pihak penyelenggara, nanti kita akan cek bahan dari mana dan itu perlu waktu, nanti kita akan tes lab," jelasnya.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Acara Tahlil Berakhir Keracunan Massal, Marwan Hamami : Ini Bukan Kelalaian Acara Tahlil Berakhir Keracunan Massal, Marwan Hamami : Ini Bukan Kelalaian Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, September 13, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads