Header AD

Upacara Kemerdekaan Tingkat Kampung, Banyak Warga Seumur Hidup Baru Sekali Ikuti Upacara


TatarSukabumi.ID - Ratusan Warga Kampung Delima Kelurahan Cibadak Kabupaten Sukabumi menggelar Upacara Bendera Hari Kemerdekaan 17 Agustus ke-74 di tanah lapang Kampung Delima, Sabtu (17/8/2019).


Ada yang unik dalam Upacara Bendera kali ini, nampak Ibu-ibu warga Kampung setempat mengenakan Kebaya dan Bapak- bapak yang juga mengenakan pakaian sehari-hari nampak khidmat mengikuti Upacara.


Entin Martini, Ketua Panitia Upacara sekaligus Ketua PKM Kampung Delima mengatakan,.ide Upacara Kemerdekaan yang dilaksanakan pada level Kampung ini berawal dari rasa prihatin mengingat hanya sebagian kecil Masyarakat yang mengaku pernah melaksanakan upacara Kemerdekaan semasa hidupnya.


"Tujuannya untuk merasakan makna kemerdekaan dilingkungan warga RT 06 karena tidak semua warga yang dapat mengikuti Upacara dilapangan Sekarwangi, sekaligus menanamkan jiwa patriot kepada para generasi muda," kata Entin, Sabtu (17/8).


BACA JUGA : 536 Warga Binaan Lapas Warungkiara Sukabumi Dapat Remisi 14 Langsung Bebas


Seluruh peserta hingga pasukan pengibar bendera berasal dari Ibu dan Bapak kalangan warga setempat, menurut Entin, proses latihan untuk upacara kemerdekaan ini memakan waktu 2 minggu.


"Tapi hasilnya cukup memuaskan meski hanya pelatihan 2 minggu, dan nantinya kami akan mengagendakan setiap tahun melaksanakan upacara kemerdekaan," tandasnya.


BACA JUGA : Kecam Demo Ricuh, PMII Warning Kota Sukabumi


Ditemui ditempat yang sama, Emak Ating, wanita bercucu yang kini berusia genap 70 tahun mengaku semasa hidupnya baru kali ini mengikuti upacara kemerdekaan secara langsung.


Saat ditanya lebih jauh, meski tidak mengalami hidup di era proklamasi, namun Ating sempat merasakan era pasca kemerdekaan.


"Ini untuk mengingatkan dan menjunjung para pahlawan kemerdekaan. Saya berangkat jam 7 pagi, baru sekali ini mengikuti upacara kemerdekaan, semoga generasi muda tidak melupakan jasa para Pahlawan," kata Ating.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Upacara Kemerdekaan Tingkat Kampung, Banyak Warga Seumur Hidup Baru Sekali Ikuti Upacara Upacara Kemerdekaan Tingkat Kampung, Banyak Warga Seumur Hidup Baru Sekali Ikuti Upacara Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, Agustus 17, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads