Header AD

Sebut Jawa Barat Negeri Air, Ridwan Kamil : Harus Optimis Jadi Kemakmuran


TatarSukabumi.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bersama Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, meresmikan Bendung dan Irigasi Leuwisapi, yang berada di Situ Tarisi Desa/Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi, Sabtu (31/8/2019).


Dalam sambutannya, Ridwan Kamil (RK) sebut wilayah Jawa Barat merupakan negeri air, dengan potensi laut maupun sungai terbesar di Indonesia.


Menurut RK, dari sisi geografis, 60% bencana alam hidrologi (dipicu oleh faktor air) di Indonesia terjadi di Jawa Barat, namun demikian tidak hanya sisi negatif, keuntungan lainnya adalah pemanfaatan dan pengelolaan fungsi air mulai dari pengolahan air mineral, irigasi pertanian hingga fungsi air bagi pariwisata.


"Disisi lain hidup ini harus optimis, dengan 60% pergerakan air yang banyaknya di Jawa Barat, harusnya menjadi kemakmuran," kata Ridwan Kamil, Sabtu (31/8).


BACA JUGA : Penjelasan RK Terkait Rencana Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat


"Pemerintah provinsi tengah fokus 60% energinya untuk membangun desa, maksudnya untuk apa, suatu hari nanti masyarakat jawa barat tinggal di desa tapi rejeki kota," tutur RK.


Ridwan Kamil memastikan, dengan pembangunan Bendung Leuwisapi, luas areal pertanian yang awalnya hanya mengairi 75 hektare selanjutnya akan meningkat menjadi 250 hektare.


Lebih jauh RK mengatakan, dengan Bendung dan irigasi Leuwisapi, nantinya akan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian Padi yang awalnya hanya 675 ton pertahun akan meningkat di angkaka 3750 ton setiap tahunnya.


BACA JUGA : Jadwal Lengkap Tahapan Pilkades Serentak 2019 Tingkat Kabupaten Sukabumi


Hal lainnya, RK sempat membahas visi misinya dalam rangka mewujudkan Jawa Barat Juara, menurut Dia, diperlukan 2 hal untuk mewujudkan hal tersebut.


"Dari 100% pergerakan ekonomi di Jawa barat yang di stimulasi oleh APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) hanya 10%, berarti Kita membutuhkan 90% partisipasi apakah investor, koperasi maupun investasi dari berbagai pihak,"


"Agar Jawa Barat lebih maju lagi harus dilakukan 2 hal yakni inovasi dan kolaborasi, inovasi itu menciptakan sesuatu yang tidak ada menjadi ada dan memperbaiki masalah yang ruwet jadi lancar dan yang kedua adalah kolaborasi ulah sewang sewangan (jangan sendiri-sendiri) harus kompak tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah," beber Ridwan Kamil.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Sebut Jawa Barat Negeri Air, Ridwan Kamil : Harus Optimis Jadi Kemakmuran Sebut Jawa Barat Negeri Air, Ridwan Kamil : Harus Optimis Jadi Kemakmuran Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, Agustus 31, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads