Header AD

Pencipta Motor Listrik Penarik Kursi Roda asal Sukabumi Akan Buat Motor Terbang


TatarSukabumi.ID - Adalah Iman Suwandi, pria asal Sukaraja, Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat, yang berhasil menciptakan sepeda khusus bagi penyandang disabilitas (berkebutuhan khusus).


Iman berhasil menciptakan sepeda multi fungsi tanpa menggunakan stang, yang bisa dikendarai kaum disabilitas dengan cara di goes hanya menggunakan kaki atau tangan saja dan sistem penggerak menggunakan bahu atau badan pengguna.


"Ide pembuatan sepeda ini dari anak saya, Dia kan doktor yang mengajar di universitas di Bandung jurusan PLB (pendidikan luar biasa), karena bapaknya orang teknik dia bilang ke Saya, bisa tidak buat sepeda bagi penyandang disabilitas, langsung Saya desain dan inilah hasilnya," kata Iwan saat ditemui TatarSukabumi.ID dalam acara Teknologi Tingkat Tinggi (TTG) ke-IX Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2019, Rabu (21/8/2019).


BACA JUGA : Internet Gratis Seluruh Desa Jabar Free WiFi, RK : Sagala Rupa Kudu Internet


Lebih jauh Iman menjelaskan, pembuatan sepeda bagi penyandang disabilitas ini diselesaikan dalam waktu 7 bulan dengan anggaran pembuatan 5 juta rupiah per-sepeda.


Iman Suwandi

"Ini saya kasih nama Sepeda Multi Fungsi, kalau memang pasarnya ada nantinya akan kita produksi," tutur Iman.


Sebelumnya, pria kelahiran 60 tahun lalu ini juga berhasil menciptakan Motor listrik penarik kursi roda bagi kaum disabilitas, tidak tanggung tanggung kreasinya berhasil meraih juara pertama dalam event Teknologi Tingkat Tinggi (TTG) tingkat Nasional yang digelar di Bali pada tahun 2018 lalu.


BACA JUGA : Kota Sukabumi Masuk Hazard Zone 1 Jika Gunung Gede Pangrango Meletus


Saat ini, Iman tengah mengkonsep ciptaan terbarunya yakni motor terbang dengan sistem kendali manual.


Desain motor terbang

"Motor terbang ini bentuknya semacam drone yang bisa ditunggangi. Sudah selesai saya desain tinggal dituangkan dalam bentuk nyata, tapi masih terbentur anggaran untuk pembuatannya,"


Ditelisik lebih jauh, untuk anggaran pembuatan motor terbang ini mencapai 50 juta rupiah.


"Untuk bahan saja sekitar 50 juta, 4 motor 4 baterai sudah 40 juta, yang 10 juta untuk lain-lain seperti pipa, gas, karbit, mudah mudahan pemerintah bisa bantu agar mimpi motor terbang saya terwujud," tandasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Pencipta Motor Listrik Penarik Kursi Roda asal Sukabumi Akan Buat Motor Terbang Pencipta Motor Listrik Penarik Kursi Roda asal Sukabumi Akan Buat Motor Terbang Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Agustus 21, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads