Pemkab Sukabumi dan FKSS Fokus Penuhi 7 Tatanan Program Menuju Swasti Saba Wistara

Kamis, 05 September 2019 - 00:00 WIB

Pemkab Sukabumi dan FKSS Fokus Penuhi 7 Tatanan Program Menuju Swasti Saba Wistara
Pemkab Sukabumi dan FKSS Fokus Penuhi 7 Tatanan Program Menuju Swasti Saba Wistara
Banner Dalam Artikel


TatarSukabumi.ID
- Pemkab Sukabumi bersama Forum Kabupaten Sukabumi Sehat (FKSS) menggelar rapat koordinasi (rakor) Kabupaten Sukabumi Sehat Menuju Tatanan Swasti Saba Wistara Tahun 2019 yang dibuka oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami di salah satu Hotel di Kecamatan Cicantayan, Sukabumi, Kamis (8/8/2019).


Rakor ini merupakan tindak lanjut pasca penetapan Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu kandidat bersama 16 Kabupaten/Kota yang lolos verifikasi dokumen di tingkat pusat yang nantinya akan mendapat anugerah Swasti Saba Wistara Tahun 2019.


Rencananya, verifikasi lapangan akan dilakukan tim verifikator tingkat Provinsi dan Pusat pada 26 Agustus 2019 mendatang.


BACA JUGA : Asistensi BNNK Sukabumi Wujudkan Demand Reduction dan Supply Reduction Peredaran Narkoba


Menurut Marwan, kehadiran penggerak FKSS harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sukabumi.


"Dengan Forum Kabupaten Sukabumi Sehat ini bisa menjawab permasalahan, terutama upaya kita dalam meningkatkan pelayanan, dan mendorong masyarakat agar bisa hidup sehat, demi terwudujudnya sukabumi lebih baik," tegas Marwan Hamami, Kamis (8/8).


BACA JUGA : Sukabumi Perbatasan Lebak Banten Waspada Gempa


Hadir dalam rakor, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr Kani. Menurut Dia, FKSS diharapkan tidak hanya melayani bidang kesehatan, terdapat 7 poin tatanan didalamnya meliputi, sarana prasarana sehat, sehat mandiri, sosial sehat, pariwisata sehat, kawasan perhubungan sehat, ketahanan sehat, dan kawasan perkantoran sehat.


Lebih jauh menurut Kani, Kabupaten Sukabumi dari segi dokumentasi telah memenuhi kriteria dari 7 poin tersebut.


"Sukabumi sudah mengajukan 6 poin tatanan program, berikut kewajibannya sudah, makanya sekarang sedang di verifikasi oleh pusat, apabila ke 7 tatanan program telah lolos, besar kemungkinan nantinya bisa mendapat penghargaan,  Swasti Saba Wistara, penghargaan itu  salah satu penghargaan yang paling tinggi dan berharga setara dengan penghargaan lain seperti Adipura, Tatawahana," beber Kani.


BACA JUGA : Parkir Sembarang di Kota Sukabumi Siap-siap Gembos Ban


Sementara itu Ketua Forum Kabupaten Sukabumi Sehat, Yani Djatnika Marwan   mengatakan, Pihaknya akan lebih fokus dalam pemenuhan 7 tatanan program yang telah ditetapkan.


"Kami tengah melakukan persiapan semaksimal mungkin, untuk memenuhi 7 tatanan program tersebut, tahun kemarin kita sudah mengajukan 4 tatanan dan sekarang 2,"


"Dua tahun lalu kita sudah mendapatkan winiarda, untuk tahun ini kita berusaha mendapatkan penghargaan distara, dan untuk mendapatkan distara, kita fokus pada unsur kelembagaan untuk mendapat penghargaan Swasti Saba Wistara. Saya harapkan peran media supaya lebih berperan menunjang mendapatkan penghargaan tersebut." jelasnya.(*)


Reporter : Af
Editor : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X