Pelaku Pembunuh dan Pemerkosa Amelia Terancam Hukuman Mati

Kamis, 05 September 2019 - 00:00 WIB

Pelaku Pembunuh dan Pemerkosa Amelia Terancam Hukuman Mati
Pelaku Pembunuh dan Pemerkosa Amelia Terancam Hukuman Mati
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Kepolisian Resor Sukabumi Kota akhirnya berhasil memecahkan teka-teki kasus penemuan mayat wanita dengan kondisi nyaris tanpa busana yang ditemukan di areal pesawahan Kampung Bungbulang, Sala Eurih RT 03/RW 05, Kecamatan Cibereum, Kota Sukabumi, Jawa Barat.


Kapolresta Sukabumi, AKBP Susatyo Purnomo Condro dalam jumpa pers nya mengatakan, hanya dalam kurun waktu 10 hari, Pihaknya berhasil meringkus tersangka pelaku pembunuhan Amelia Ulfah Supandi (22) gadis cantik jebolan D3 Institut Pertanian Bogor (IPB) warga Kelurahan Sayang, Cianjur, Jawa Barat.


Pelaku merupakan RH (25) warga Cianjur yang berprofesi sebagai sopir angkutan Colt Mini jurusan Bogor - Cianjur yang berhasil diringkus pada Jumat (2/8) selama 10 hari sempat berpetualang bebas pasca menghabisi korban.


BACA JUGA : Polisi Ringkus RH Tersangka Pelaku Kasus Pembunuhan Wanita Cantik Jebolan IPB


"Korban dan Tersangka tidak saling mengenal, Korban adalah penumpang dari angkutan yang disopiri tersangka dari Ciawi (Bogor). di Cianjur timbul niat dari si tersangka untuk mengambil barang Korban," kata AKBP Susatyo, Senin (5/8/2019).


Lebih jauh Kapolresta Sukabumi membeberkan kronologi kasus tewasnya Amelia yang dilakukan oleh RH sopir colt mini.



"Tersangka berusaha melumpuhkan Korban dengan cara membekap saluran pernapasan (Korban) hingga pingsan dan barulah barang korban (Handphone) diambil," terang Susatyo.


BACA JUGA : Temu Mayat di Sukabumi, Inilah Kronologi Tewasnya Gadis Cantik Berkerudung Asal Cianjur


Selanjutnya kendaraan dilarikan menuju arah Sukabumi, masih kata Susatyo, saat di Sukaraja Korban sempat siuman, namun hal itu justru memicu hasrat Pelaku hingga berusaha memperkosa Korban.


"Di Sukaraja Korban mulai bergerak (sadar), disana timbul niat tersangka untuk melakukan perbuatan asusila, karena (korban) berontak akhirnya dicekik hingga tewas," jelas Susatyo.



Setelah melakukan aksi bejad dan menghabisi nyawa Korban, Pelaku membuang jenazah Amelia sekitar pukul 23.00 WIB, hingga ditemukan Senin pagi (22/7) pagi oleh warga setempat dipematang sawah.


BACA JUGA : Listrik Padam di Sukabumi dan Sejumlah Kota di Jawa Barat


Tersangka dijerat pasal berlapis pencurian dengan kekerasan, pembunuhan, perkosaan, dan penganiayaan berat yang mengakibatkan korban meninggal dunia dengan ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup atau minimal kurungan 20 tahun penjara.


Saat ini Kepolisian Resor Sukabumi Kota masih melakukan upaya pengembangan dengan melakukan pemeriksaan terhadap 15 orang saksi untuk menyusun alur kronologi kasus pembunuhan Amelia.


"Kedepan kita akan melakukan rekontruksi disesuaikan dengan keterangan saksi dan pengkuan pelaku," jelas Kapolresta Sukabumi. (*)


Tonton Video : Polresta Sukabumi Ungkap Kronologi dan Motif Pelaku Pembunuhan Gadis Jebolan IPB


Reporter : Dian Syahputra Pasi