OPSI Desak Disnakertrans Selesaikan Perselisihan Hubungan Industrial di Sukabumi

Kamis, 05 September 2019 - 00:00 WIB

OPSI Desak Disnakertrans Selesaikan Perselisihan Hubungan Industrial di Sukabumi
OPSI Desak Disnakertrans Selesaikan Perselisihan Hubungan Industrial di Sukabumi
Banner Dalam Artikel


TatarSukabumi.ID
- Serikat buruh yang tergabung dalam OPSI (Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia) desak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi untuk selesaikan sejumlah kasus bidang ketenagakerjaan yang terjadi di wilayah Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.


OPSI mendesak Disnakertrans melalui Tim Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) agar segera menyelesaikan 8 kasus perselisihan ketenagakerjaan yang dinilai berlarut tanpa ada solusi.


BACA JUGA : Sukabumi Perbatasan Lebak Banten Waspada Gempa


Menanggapi permasalahan ini, disela audiensi antara OPSI dan Disnakertrans, Ahmad Muladi, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Sukabumi mengatakan, bahasan hasil dari audiensi hari ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi bagi Disnakertrans Kabupaten Sukabumi.


"Kalau memang bila ada yang perlu diperbaiki ya kita perbaiki," kata Muladi, Kamis (1/8/2019).


BACA JUGA : Pendekar Silat Sukabumi Adukan Akun Facebook ke Polisi Gegara Postingan Dinilai Melecehkan dan Menghina Pencak Silat


Disinggung 8 Kasus yang didesak OPSI agar segera ditindak lanjuti, Muladi menjelaskan.


"Rata-rata permasalahan adalah PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) serta mungkin ada permasalahan internal diperusahaan dan sebagainya," kata Muladi.


Lebih jauh menurut Muladi, Pihaknya akan terus melakukan komunikasi sehingga permasalahan ketenagakerjaan bisa terselesaikan.


BACA JUGA : 10.691 Balita di Sukabumi Mengalami Stunting


Hal lain menurut Muladi, Pihaknya juga akan mendorong Tim Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) agar mempercepat proses penyusunan anjuran penyelesaian permasalahan perselisihan industrial.


Namun kendalanya, saat ini Tim Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) pada Disnakertrans Kabupaten Sukabumi hanya memiliki 1 orang mediator.


"Dengan keterbatasan mediator cuma satu orang, ini sedikit mengurangi percepatan dalam penyelesaian permasalahan, sehingga jadi tertunda. Kita akan lebih menyiasati penjadwalan agenda mediator. Alhamdulillah sekarang sudah ada kepala seksi yang baru mudah-mudahan kinerja kedepannya makin lebih baik," beber Muladi.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi