Header AD

Malam Ini Puncak Fenomena Hujan Meteor Perseid


Hujan Meteor // Ilustrasi


TatarSukabumi.ID - Fenomena alam hujan meteor menghiasi langit yang bisa disaksikan sejak kemarin hingga puncaknya akan terjadi tengah malam ini, Selasa (13/8/2019).


Hal ini akan cukup menarik, pasalnya tidak diperlukan alat khusus untuk bisa mengamati hujan meteor ini, dengan mata tanpa alat bantuanpun fenomena alam ini bisa dilihat.


Perlu diketahui, hujan meteor Perseid merupakan fenomena alam berupa hujan meteor yang sering dikaitkan dengan komet Swift-Tuttle, dinamakan Perseid karena titik radian hujan meteor ini seolah-olah berasal dari arah rasi bintang Perseus.


BACA JUGA : Kota Sukabumi Masuk Hazard Zone 1 Jika Gunung Gede Pangrango Meletus


Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin mengatakan hujan meteor perseid kali ini bisa diamati mulai Senin hingga Selasa malam (13/8) malam.


"Puncak hujan meteor perseid pada 12-13 Agustus, di luar tanggal tersebut jumlahnya akan semakin berkurang," kata Thomas seperti dilansir dari CNNIndonesia.



"Hujan meteor Perseid saat ini sedang berlangsung lho sob. Hujan meteor Perseid akan mencapai puncaknya pada 13 Agustus 2019 tengah malam, Dari wilayah Indonesia Hujan meteor Perseid bisa dilihat bahkan dengan mata telanjang." tulis akun resmi twitter @LAPAN_RI


Dari beberapa sumber mengatakan, hujan meteor Perseid disebabkan oleh sisa-sisa debu komet Swift-Tuttle, komet tersebut ditemukan pertama kali pada tahun 1862 dan mengelilingi Matahari setiap 130 tahun sekali.


BACA JUGA : Akibat Kecanduan Judi Online Warga Baros Sukabumi Tipu dan Jual Mobil Calon Nasabah Bank


Namun dibanding dengan kejadian serupa di tahun sebelumnya, jumlah meteor yang jatuh cenderung berkurang dalam hujan meteor Perseid Agustus 2019 ini.


Dalam setiap jam, belasan meteor akan terlihat jatuh, jumlah tersebut terhitung lebih sedikit dibanding kejadian serupa ditahun sebelumnya yang bisa mencapai 80 meteor perjam.


Salah satu faktor jumlah meteor yang turun tidak sebanyak biasanya karena hujan meteor Perseid kali ini bertepatan dengan bulan purnama. 


Hujan meteor Perseid bisa dilihat dari seluruh wilayah Indonesia mulai rentang waktu pukul 22.00 hingga 05.00 WIB.


Thomas menambahkan, hujan meteor ini cukup aman untuk dilihat meski dengan mata tanpa alat bantuan apapun, terlebih apabila menggunakan teleskop sehingga medan pandang lebih luas.(*)


Sumber : LAPAN-RI
Reporter : Rudi Imelda
Edior : Dian Syahputra Pasi

Malam Ini Puncak Fenomena Hujan Meteor Perseid Malam Ini Puncak Fenomena Hujan Meteor Perseid Reviewed by TatarSukabumi.ID on Selasa, Agustus 13, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads