Header AD

Lahan Milik Pemkot Sukabumi Terbakar


TatarSukabumi.ID -  2 titik kebakaran lahan terjadi di Kota Sukabumi, tepat di siang bolong hari tadi, Minggu (18/8/2019).


Kebakaran lahan terjadi di 2 Kecamatan berbeda yakni di wilayah Pasir Babi, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu dan di Kampung Dulang Nangkub, Kelurahan Jaya Mekar, Kecamatan Baros Kota Sukabumi.


Dalam peristiwa ini seluas 2 Hektare bukit ilalang milik Pemkot Sukabumi di Pasir Babi dari keseluruhan kurang lebih 6,5 Hektare dilalap sijago merah.


Untuk kawasan Dulang Nangkub sedikitnya 3000 meter lahan juga hangus terbakar.


BACA JUGA : Penampakan 6 Pocong di Dulang Nagkub Sukabumi Lokasi Unik Berswafoto


Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami saat ditemui TatarSukabumi.ID disela evakuasi lahan terbakar mengatakan, Damkar Kota Sukabumi menurunkan 4 unit kendaraan Damkar untuk mengantisipasi api agar tidak meluas.


Masih kata Zul, petugas pemadam sempat mengalami kesulitan dalam memadamkan kobaran api di Pasir babi mengingat kondisi medan berbukit serta terkendala akses jalan menuju puncak bukit.


"Di Kampung Pasir Babi kita agak mengalami kesulitan karena kebakaran terjadi di atas bukit dan tidak akses jalan untuk menuju titik api," kata Zulkarnain Barhami, Minggu (18/8).


BACA JUGA : Upacara Kemerdekaan Tingkat Kampung, Banyak Warga Seumur Hidup Baru Sekali Ikuti Upacara


Meskipun demikian, BPBD Kota Sukabumi mengupayakan berbagai cara dalam penanggulangan agar api tidak meluas.



"Petugas pemadam kebakaran dikerahkan di setiap sudut Bukit Pasir Babi untuk memastikan api benar-benar padam. Kita pastikan sebelum Petugas meninggalkan lokasi kebakaran, api sudah padam dan lahan dalam kondisi dingin sehingga tidak ada lagi sulutan api yang ada," ungkapnya.


Menurut Zul, kebakaran terjadi diduga akibat dibakar oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk membuka lahan baru, hal tersebut terbukti dengan adanya sisa-sisa pembakaran disekitar lokasi kejadian.


"Ini kalau dilihat kemungkinan besar akibat dibakar oleh oknum yang membuka lahan baru," kata Zul.


BACA JUGA : Rekontruksi Polisi, RH Perkosa Sebelum Cekik Hingga Tewas Gadis Cantik Alumni IPB


Dikonfirmasi lebih jauh, kawasan yang berpotensi mengalami peristiwa serupa di wilayah Kota Sukabumi, Zul mengatakan, dimusim kemarau ini hampir semua lahan di Kota Sukabumi mengalami kekeringan dan mudah tersulut api.


"Tidak hanya disini (Lembursitu) beberapa kecamatan lainnya pun berpotensi, termasuk untuk di wilayah Kecamatan Cikole," jelasnya.


Zulkarnain menghimbau agar masyarakat Kota Sukabumi untuk tetap waspada dan tidak sembarangan dalam melakukan aktivitas yang bisa memicu terjadinya kebakaran.


"Seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan dan melakukan pengendalian api secara baik jika sedang beraktivitas yang berhubungan dengan api. Selain itu masyarakat dihimbau untuk secepatnya menghubungi petugas pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran," pungkasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Lahan Milik Pemkot Sukabumi Terbakar Lahan Milik Pemkot Sukabumi Terbakar Reviewed by TatarSukabumi.ID on Minggu, Agustus 18, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads