Header AD

Krisis Air Bersih, Warga Lengkong Sukabumi Gali Sungai Kering Untuk Minum


TatarSukabumi.ID - Musim kemarau 2019, warga Kampung Tegaldatar, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi alami krisis air bersih.


Informasi terhimpun, untuk penuhi kebutuhan air bersih, warga terpaksa manfaatkan air sungai yang berjarak ratusan meter dari pemukiman warga.


Hal ini diungkap tokoh pemuda setempat, Ruli Nurdiansyah, menurutnya krisis air bersih telah dirasakan warga sejak dua bulan terakhir, Senin (19/8/2019).


BACA JUGA : Kota Sukabumi Masuk Hazard Zone 1 Jika Gunung Gede Pangrango Meletus


Masih kata Ruli, sejumlah sumur milik warga nyaris tidak berfungsi, untuk memenuhi kebutuhan air bersih setidaknya 140 kepala keluarga (KK) terpaksa mengandalkan air Sungai Cikaso yang juga saat ini sudah mulai mengering.


"Warga disini manfaatkan sungai Cikaso untuk kebutuhan mencuci dan mandi. Bahkan untuk kebutuhan air minum, warga membuat lobang (sumur dadakan) ditengah sungai yang saat ini mulai mengering, airnya diambil untuk kebutuhan masak dan minum," kata Ruli, Senin (19/8).


Karena desakan kebutuhan, tambah Ruli, masyarakat terpaksa menggunakan air Sungai Cikaso meski beresiko terhadap kesehatan.


"Sebenarnya warga enggan untuk menggunakan air dari Sungai Cikaso untuk dikonsumsi. Bahkan mereka rela menempuh jarak cukup jauh untuk mendapatkannya. Sebagian warga yang punya uang bisa membeli air, tapi bagi yang tidak punya uang terpaksa menggunakan air dari sungai. Itu pun kami harus bersusah payah untuk mengambilnya karena jarak dari pemukiman menuju sungai sekitar 200 meter," beber Ruli.


BACA JUGA : Fajar Laksana : Literasi Adalah Ajaran Islam yang Dikembangkan Secara Kekinian


Ruli mengaku telah melaporkan krisis air kepada pemerintah Desa Neglasari, namun sampai saat ini masih belum ada tindakan.


Atas nama warga, Ruli berharap pemerintah bisa mengambil langkah dan memberikan solusi dalam penanganan krisis air bersih di wilayahnya.


"Kami minta pemerintah bisa bantu membuatkan sumur bor atau memberi bantuan air bersih. Kami sudah lelah naik turun ke sungai untuk mencari air," pungkasnya.


BACA JUGA : Penampakan 6 Pocong di Dulang Nagkub Sukabumi Lokasi Unik Berswafoto


Dihubungi melalui telepon seluler, Camat Lengkong, Agung Budiman mengaku baru beberapa hari ini mendapat laporan terkait krisis air bersih di Kampung Tegaldatar, Desa Neglasari, pasalnya, Agung mengaku baru dua pekan menjabat Camat Lengkong.


"Laporan sudah kami terima dan di tembuskan ke BPBD Kabupaten Sukabumi untuk segera ditangani. Untuk sementara kami akan mengupayakan bantuan air bersih untuk kampung tersebut," jelas Agung.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Krisis Air Bersih, Warga Lengkong Sukabumi Gali Sungai Kering Untuk Minum Krisis Air Bersih, Warga Lengkong Sukabumi Gali Sungai Kering Untuk Minum Reviewed by TatarSukabumi.ID on Senin, Agustus 19, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads