Header AD

Kota Sukabumi Masuk Hazard Zone 1 Jika Gunung Gede Pangrango Meletus


Zulkarnain Barhami tunjukan peta lokasi potensi bencana letusan Gunung Gede Pangrango
Zulkarnain Barhami tunjukan peta lokasi potensi bencana letusan Gunung Gede Pangrango


TatarSukabumi.ID - Dalam Peta Lokasi Potensi Bencana Letusan Gunung Berapi tercatat sejumlah wilayah di Kota Sukabumi masuk kedalam Hazard Zone 1 atau level satu (zona kuning) atau masuk kedalam kategori sedang potensi ancaman letusan Gunung Gede Pangrango.


Ancaman letusan Gunung Gede Pangrango untuk Kota Sukabumi hanyalah berupa aliran lahar dingin.


"Wilayah yang diperkirakan terdampak yaitu Kecamatan Cikole, Gunung Puyuh dan Kecamatan Warudoyong yang terdapat beberapa aliran sungai dari Gunung Gede Pangrango," kata Zulkarnain, Kamis (1/8).


Hal ini diungkap Kasi Pencegahan dan Kesiap Siagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami saat ditemui TatarSukabumi.ID diruang kerjanya, Kamis (1/8/2019).


BACA JUGA : Wajib Tahu! Seperti Ini Status Vulkanik Gunung Salak yang Masih Aktif


Untuk wilayah Kecamatan lain, dampak yang dirasakan hanya berupa hujan abu dan lontaran batu (pijar) itupun tergantung dari kondisi arah angin.


Masih kata Zul, untuk abu letusan Gunung  Gede Pangrango diprediksi hanya mencapai radius 5 hingga 7 kilometer.


"Semakin jauh wilayah dari Gunung Gede Pangrango maka resiko dari hujan abu akan semakin rendah," jelasnya.


BACA JUGA : Sukabumi Perbatasan Lebak Banten Waspada Gempa


Lebih jauh Zulkarnain memastikan, BPBD Kota Sukabumi telah menyiapkan langkah dan upaya penanganan hingga evakuasi jika hal ini terjadi.


"Sudah ada sosialisasi terkait pengenalan ancaman letusan gunung berapi dengan melibatkan relawan-relawan BPBD Kota Sukabumi. Kita berikan pembekalan mitigasi terhadap ancaman letusan gunung berapi, selain itu kita juga membuat jalur-jalur untuk evakuasi seandainya bencana terjadi," jelas Zul.


Masih kata Zulkarnain, BPBD Kota Sukabumi juga telah menentukan sejumlah titik yang nantinya akan dijadikan tempat pengungsian.


"Sampai ke tingkat RT dan RW sudah disiapkan beberapa lokasi yang akan dijalankan tempat pengungsian. Beberapa diantaranya yaitu gedung-gedung perkantoran dan sekolah yang disebut dengan Tempat Pusat Kolektif (TPK)," jelasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Kota Sukabumi Masuk Hazard Zone 1 Jika Gunung Gede Pangrango Meletus Kota Sukabumi Masuk Hazard Zone 1 Jika Gunung Gede Pangrango Meletus Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Agustus 01, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads