Header AD

Kades Cibentang Gunungguruh Disoal Warga, Masalah Anggaran dan Kerap Bolos Ngantor


TatarSukabumi.ID - Sejumlah warga masyarakat datangi kantor Desa Cibentang, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi  Senin (26/8/2019).


Kedatangan warga dipicu rasa kecewa akan kinerja Kepala Desa Cibentang, Asep Sukandar.


Namun, kedatangan warga untuk bertemu Asep Sukandar di kantor Desa Cibentang berakhir kecewa, pasalnya Asep Sukandar yang menjabat Kades Cibentang sejak tahun 2016 tidak berada di tempatnya bekerja.


BACA JUGA : Jadwal Lengkap Tahapan Pilkades Serentak 2019 Tingkat Kabupaten Sukabumi


Perwakilan warga, Ahmad Madria saat ditemui sejumlah awak media usai pertemuan dengan staff Desa mengatakan, kedatangannya ke kantor Desa Cibentang untuk mempertanyakan sejumlah permasalahan terutama terkait realisasi Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Cibentang.


Ahmad membeberkan, inti dari kedatangan mereka adalah meminta transparansi dan realisasi pengalokasian anggaran DD maupun ADD yang dinilai terdapat kerancuan, warga juga menduga adanya kesimpangsiuran dalam pembangunan serta pengucuran anggaran yang tidak transparan.


"Karena selama ini kami memantau dilapangan setiap ada pembangunan tidak ada transparansi anggaran. Bahkan ketua RT setempat dimana pembangunan dilaksanakan tidak mengetahuinya," kata Ahmad, Senin (26/8/2019).


BACA JUGA : Pendangkalan Sungai oleh Lumpur Sampah, Warga Desa Bojong Cikembar Swadaya Turunkan Alat Berat


Hal lainnya, lanjut Ahmad, warga menuntut kinerja kepala desa untuk menjalankan tugas dengan baik, selama ini Warga menilai Kades sering mangkir ke Kantor Desa, hampir setiap kali warga mendatangi kantornya kepala desa kerap tidak pernah ada ditempat.


"Masyarakat sangat sulit untuk ketemu kepala desa. Hari ini pun tidak ada, padahal sebelumnya kita sudah jadwalkan mengundangnya," jelas Ahmad.


Hasil dari akhir pertemuan masih tidak membuahkan hasil, warga masih merasa tidak puas karena tidak ada Kades yang bisa menjawab keluh kesah warga.


BACA JUGA : Polisi Dalami Kasus Mayat dan Mobil Terbakar di Cidahu Sukabumi


Sementara itu, Kaur Kesra Desa Cibentang, Yeni kepada awak media mengapresiasi perhatian dan pantauan masyarakat terhadap pembangunan Desa, menurutnya, hal ini menandakan masyarakat telah memahami mekanisme dalam pembangunan desa.


Sempat dipertanyakan kinerja kades yang dinilai warga kerap mangkir dari tugasnya, Yeni membenarkan jika Kades jarang ngantor dengan alasan kerja luar.


BACA JUGA : 2019 Ganti Kades, 240 Desa di Sukabumi Laksanakan Pilkades Serentak Pemerintah Siapkan Anggaran 19,2 M


Lebih jauh lagi, saat di konfirmasi awak media, aparatur Kecamatan Gunugguruh, mewakili Camat, Kasi Trantib Kecamatan Gunungguruh, Rikki Permana mengatakan jika sebelumnya, pihak Kecamatan telah menindak lanjuti permasalahan ini, Pihak Kecamatan telah melakukan pemantauan, monitoring, sidak, hingga peneguran baik secara lisan maupun tertulis bahkan telah melakukan pemanggilan terhadap Kades Cibentang.


"Kami telah melakukan sidak, kurang lebih satu bulan kebelakang dengan pak camat, dan Kades memang tidak ada (di kantor), kami juga telah memanggil (kades) baik secara lisan dan tertulis," kata Rikki.


Ditanya lebih jauh terkait kesimpangsiuran dalam pembangunan serta dugaan pengucuran anggaran yang tidak transparan, Rikki menjelaskan, Pihak Kecamatan hanya berwenang pada pembinaan dan tidak bisa melakukan penindakan secara tegas kepada Kades.


"Kita batasannya hanya cukup bembinaan, anggaplah kaya undang undang tahun 75  ada penindakan, kalau saat ini kita ada batasannya tidak bisa melakukan penindakan," jelasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Kades Cibentang Gunungguruh Disoal Warga, Masalah Anggaran dan Kerap Bolos Ngantor Kades Cibentang Gunungguruh Disoal Warga, Masalah Anggaran dan Kerap Bolos Ngantor Reviewed by TatarSukabumi.ID on Senin, Agustus 26, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads