Header AD

Harga Modal Bendera dan Pernak-pernik Agustusan Alami Kenaikan


Pedagang Bendera


TatarSukabumi.ID - Masuki bulan Agustus 2019 Pedagang Bendera musiman mulai menjamur di sepanjang Ruas Jalan Kota Sukabumi.


Dari pantauan TatarSukabumi.ID Penjual Bendera rata-rata menggelar daganganya pada trotoar jalan, mereka biasanya menggunakan tempat yang cukup teduh dibawah rindang pepohonan untuk menjajakan Bendera maupun pernak pernik yang biasa dipasang sambut perayaan hari Kemerdekaan.


Tidak hanya pedagang lokal, pedagang Bendera dari sejumlah kota di Jawa Barat ikut mengadu peruntungan berjualan di Kota Sukabumi.


BACA JUGA : Pendekar Silat Sukabumi Adukan Akun Facebook ke Polisi Gegara Postingan Dinilai Melecehkan dan Menghina Pencak Silat


Salah satunya Itang padagang asal Kota Dodol Garut yang sengaja melapak di bilangan batas Kota Sukabumi Jalan Salabintana.


Ditemui di lapaknya, Itang mengaku dalam perayaan Agustusan kali ini, dia menjual 5 jenis barang diantaranya Bendera, Umbul-umbul, Background merah putih, Barnir dan Bendera mini bagi kendaraan.


Disinggung masalah harga, Itang membeberkan harga bendera dan pernak pernik yang dijualnya cukup bervariasi mulai harga 5 ribu hingga 400 ribu rupiah.


"Untuk tahun ini harga bendera mengalami kenaikan sekitar 20 persen. Tahun lalu untuk Bendera upacara, saya bisa mendapatkan harga sekitar 25 ribu dari distributor di Cileles, Garut tapi sekarang harganya (modal) mencapai 30 ribu," jelas Itang, Kamis (1/8/2019).


BACA JUGA : Sukabumi Perbatasan Lebak Banten Waspada Gempa


Itang yang selama 4 tahun terakhir menggeluti usaha ini, keluhkan kenaikan harga Bendera, terlebih saat ini pembeli berkurang.


"Hari ini saja belum ada satu lembar pun bendera yang terjual. Dari kemarin sampai hari ini sepi pembeli padahal waktu berjualan hanya tinggal 16 hari lagi, karena setelah tanggal 17 Agustus jarang ada yang memerlukan bendera," keluh Itang.


Namun demikian Itang tetap optimis, berkaca dari tahun sebelumnya, ramai pembeli biasanya mulai terjadi 4 hingga 5 hari sebelum 17 Agustus, "Biasanya ramai pada tanggal belasan, jika sudah ramai pembeli kadang-kadang kita buka sampai malam," jelasnya. (*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Harga Modal Bendera dan Pernak-pernik Agustusan Alami Kenaikan Harga Modal Bendera dan Pernak-pernik Agustusan Alami Kenaikan Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Agustus 01, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads