Gempa Banten Terkini 4.5 SR

Kamis, 05 September 2019 - 00:00 WIB

Gempa Banten Terkini 4.5 SR
Gempa Banten Terkini 4.5 SR
Banner Dalam Artikel


TatarSukabumi.ID
- Gempa bumi tektonik berkekuatan 4.5 SR terjadi tepat pukul 19:13:37 WIB, dengan pusat episentrum Sumur Banten, Kamis (15/8/2019).


Hasil analisis BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) menunjukkan bahwa pusat gempabumi terletak pada koordinat 6.88 LS - 104.93 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 75 KM Barat Daya Sumur - Banten dengan kedalaman 13 Kilometer.


BACA JUGA : Pabrik Enye dan 2 Rumah di Cikembar Sukabumi Terbakar


Lebih jauh seperti dikutip TatarSukabumi.ID dari sumber resmi BMKG, ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi dangkal terjadi akibat aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.


Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Sumur, Cimanggu dengan Skala Intensitas II - III MMI.


BACA JUGA : Karyawan Rekanan PT SCG Terancam PHK


Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat dampak gempa, hingga pukul 19:51 WIB malam ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).


Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho dalam rilisnya mengatakan, Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan terus mengikuti informasi dan perkembangan gempabumi dari BMKG, dan pastikan informasi resmi Gempabumi dengan Skala Magnitudo kurang dari 5 (lima) hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website (http://balai2.bmkg.go.id/).(*)


Sumber : BMKG
Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X