Header AD

Gempa Akibat Aktivitas Sesar Lokal Kembali Dirasa Sejumlah Warga Sukabumi


Sumber Foto : BMKG


TatarSukabumi.ID - Gempabumi tektonik berkekuatan Magnitudo 3.3 kembali terjadi tepat pukul 20:49:58 WIB, Rabu (21/8/2019).


Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya menyatakan, pusat gempa berada pada koordinat 6.76 LS - 106.51 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 25 KM Barat Laut Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat dengan kedalaman 10 Kilometer.


Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenter gempa, gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal klaster Bogor.


BACA JUGA : Gempa Terkini Sukabumi, Adjo Sardjono Himbau Warga Tetap Waspada


Bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website (http://balai2.bmkg.go.id), seperti dikutip TatarSukabumi.ID, dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Cisolok, Kabupaten Sukabumi pada skala intensitas II MMI.


BMKG menyebut, hingga pukul 21:28 WIB, terhitung sejak 10 Agustus, tercatat 75 event gempa yang terjadi di wilayah tersebut.


"Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut," tulis Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hendro Nugroho dalam keterangan resminya seperti dikutip TatarSukabumi.ID, Rabu (21/8/2019).


Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan dampak kerusakan dari gempabumi tersebut.(*)


Sumber : BMKG
Editor : Dian Syahputra Pasi

Gempa Akibat Aktivitas Sesar Lokal Kembali Dirasa Sejumlah Warga Sukabumi Gempa Akibat Aktivitas Sesar Lokal Kembali Dirasa Sejumlah Warga Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Agustus 21, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads