Header AD

Gegara Gempa dan Tsunami Geopark Ciletuh Sepi Pengunjung


Puncak Darma Geopark Ciletuh Sukabumi


TatarSukabumi.ID - Dampak beredarnya isu hoak tsunami pasca gempa Banten berkekuatan 6,9 SR yang terjadi Jumat (2/8) kemarin, mengakibatkan merosotnya jumlah pengunjung ke Geopark Ciletuh Sukabumi.


Tidak tanggung tanggung, sejumlah spot wisata di kawasan Geopark Ciletuh mengalami penurunan pengunjung yang cukup signifikan hingga mencapai 90 persen.


BACA JUGA : Dampak Gempa Banten Terkini, 2 Korban Jiwa dan 88 Bangunan Rusak


Warga setempat sekaligus Pengelola kawasan wisata Puncak Aher, Hendi mengaku salah satu penyebab sepinya pengunjung disebabkan beredarnya isu hoak yang sempat viral disejumlah jejaring media sosial yang menyatakan potensi tsunami pasca gempa Banten.


Padahal, Puncak Aher dan Puncak Dharma di kawasan Geopark Ciletuh berada pada ketinggian 340 meter diatas permukaan laut.



"Isu hoak tersebut sangat tidak beralasan karena Puncak Aher berada di tempat yang tinggi, mungkin mereka takut saat diperjalanan saja. padahal tidak ada keterangan resmi akan terjadinya tsunami dari BMKG," kata Hendi, Minggu (4/8/2019).


BACA JUGA : Polisi Ringkus RH Tersangka Pelaku Kasus Pembunuhan Wanita Cantik Jebolan IPB


Masih kata Hendi, setiap akhir pekan, biasanya kawasan Geopark Ciletuh ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar kota.


"Biasanya pada akhir pekan pengunjung bisa lebih dari seratus orang tapi saat ini pada pukul 11:00 WIB baru sekitar 10 orang," jelasnya.


BACA JUGA : Gempa Banten Marwan Hamami Minta Masyarakat Tenang Tidak Panik dan Tetap Waspada


Sebelumnya, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami minta masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial terutama isu bencana sehingga tidak memicu kepanikan.


"Saya mendengar semalam kalo Palabuhanratu airnya naik, ternyata itu tidak terjadi(hoak)," tegas Marwan.


Marwan tegaskan, masyarakat untuk tidak mudah terima dan sebar luaskan foto maupun kabar yang belum jelas.


"Saya minta masyarakat untuk menerima dan menyebarkan berita yang relevan atau resmi seperti situs BMKG." Pungkasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Gegara Gempa dan Tsunami Geopark Ciletuh Sepi Pengunjung Gegara Gempa dan Tsunami Geopark Ciletuh Sepi Pengunjung Reviewed by TatarSukabumi.ID on Minggu, Agustus 04, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads