Header AD

Fajar Laksana : Literasi Adalah Ajaran Islam yang Dikembangkan Secara Kekinian


Pimpinan Ponpes Al-Fath Sukabumi KH Fajar Laksana


TatarSukabumi.ID - Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-74, Pondok Pesantren Dzikir Al-Fath Sukabumi menggelar kegiatan Literasi Bahasa dan Budaya menuju Indonesia unggul yang digelar secara terbuka di Alun-alun Kota Sukabumi, Minggu (18/8/2019).


Kepada TatarSukabumi.ID Pimpinan Ponpes Dzikir Al-Fath, KH Fajar Laksana mengatakan, literasi merupakan ajaran agama Islam.


"Literasi itu intinya membaca dan menulis, begitu juga dalam konsep ajaran islam, Islam bisa maju harus iqro (membaca) itu adalah literasi, jadi literasi itu sebenarnya ajaran islam yang dikembangkan secara kekinian,"


"Lebih jauh lagi Literasi adalah bagaimana kita bisa memahami ilmu, meski arti pendeknya adalah membaca, jadi bukan hanya membaca buku tapi lebih jauh adalah membaca kehidupan," kata Fajar Laksana, Minggu (18/8).


BACA JUGA : Kota Sukabumi Masuk Hazard Zone 1 Jika Gunung Gede Pangrango Meletus


Disinggung soal keberadaan Musium Prabu Siliwangi yang dimiliki Ponpes Al-Fath, Fajar menjelaskan jika Musium itu adalah bagian dari literasi.


"Didalam musium terdapat naskah-naskah kuno, ada perkakas dan perabotan. Jadi bila dikaitkan, musium itu mutlak literasi karena didalam musium itu isinya sejarah, jadi sejarah itu juga bagian dari literasi karena masa lalu adalah cerminan masa depan, artinya kita bisa melihat masa depan jika kita mengetahui masa lalu, jadi sejarah itu adalah literasi untuk melihat masa depan," beber Fajar.


BACA JUGA : Pemprov Jabar Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Kekeringan Musim Kemarau 2019 di Sejumlah Kota


Lebih jauh Fajar Laksana mengatakan, keseriusan Ponpes Al-Fath dalam pengembangan literasi di Sukabumi diantaranya dengan pengenalan bahasa maupun budaya kearifan lokal bagi generasi milenial.


Tidak hanya di Sukabumi, bukti keseriusan Ponpes Al-Fath dalam menggaungkan literasi khususnya Bahasa dan Budaya Sunda, akan dibawa hingga dunia internasional.


"Dalam waktu dekat kita akan buka pameran Sukabumi, selanjutnya bulan November Kita akan tampil di musium Paletehan Jakarta dan di Bulan Desember mendatang Al-Fath diundang untuk tampil memperkenalkan seni budaya sunda khususnya pencak silat, kemarin dari KBRI atase Belanda sudah datang ke Al-Fath," tutur Fajar.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Fajar Laksana : Literasi Adalah Ajaran Islam yang Dikembangkan Secara Kekinian Fajar Laksana : Literasi Adalah Ajaran Islam yang Dikembangkan Secara Kekinian Reviewed by TatarSukabumi.ID on Minggu, Agustus 18, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads