BNNK Sukabumi Test Urine dan Geledah Lapas Warungkiara, Ini yang Didapat

Kamis, 05 September 2019 - 00:00 WIB

BNNK Sukabumi Test Urine dan Geledah Lapas Warungkiara, Ini yang Didapat
BNNK Sukabumi Test Urine dan Geledah Lapas Warungkiara, Ini yang Didapat
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi bersama Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Warungkiara Sukabumi,  serta didukung Polsek / Koramil dan Sat Pol PP Pemkab Sukabumi menggelar kegiatan operasi rutin bertajuk Lapas Bersinar (Lembaga Permasyarakatan Bersih Narkoba).


Disela kegiatan, Kepala BNNK Sukabumi AKBP Deni Yus Danial kepada TatarSukabumi.ID mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari Inpres nomor 6 tahun 2018 tentang penguatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang bertujuan untuk menciptakan lembaga Permasyarakatan yang bersih dari Narkoba.


BACA JUGA : 7 Fakta Kasus Tewasnya Wanita Cantik Asal Cianjur di Sukabumi, Nomor 4 Biadab


Rangkaian kegiatan dilaksanakan berupa pemberian materi edukasi sekaligus pembinaan P4GN kepada seluruh warga Lapas, selanjutnya juga dilakukan test screening deteksi Narkoba (test urine) kepada Petugas Lapas dan warga binaan Lapas kelas III Warungkiara Sukabumi.



"Dari hasil test urine dipastikan, baik itu petugas Lapas dan warga binaan hasilnya negatif," kata Yus Danial, Selasa (6/8).


Setelah kegiatan rutin ini, kegiatan rehabilitasi warga binaan yang telah menjadi pecandu, nantinya dilakukan secara berkesinambungan mandiri oleh pihak Lapas.


BACA JUGA : Parkir Sembarang di Kota Sukabumi Siap-siap Gembos Ban


Ditempat yang sama, Kepala Lapas Warungkiara, Christyo Nugroho menambahkan, selain screening deteksi narkoba (tes urine) juga dilakukan penggeledahan ruangan warga binaan.


"Seluruh ruangan diperiksa. Seusai penggeledahan tidak ditemukan adanya barang- barang haram atau narkoba," jelas Christyo.


Lebih jauh Christio membeberkan, kegiatan tersebut bukanlah hal pertama kali dilakukan dilapas Warungkiara, Kabupaten Sukabumi dalam beberapa waktu kedepan akan sidak dilanjutkan.


"Sidak akan terus dilakukan secara rutin. Hal ini merupakan upaya kami dalam mewujudkan Lapas bersih narkoba,"pungkasnya.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi