Header AD

Asistensi BNNK Sukabumi Wujudkan Demand Reduction dan Supply Reduction Peredaran Narkoba


Asistensi BNNK Sukabumi wujudkan Desa Bersinar


TatarSukabumi.ID - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sukabumi menggelar kegiatan asistensi penguatan pembangunan Desa Bersinar (Bersih Narkoba) di Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja ,Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Kamis (8/8/2019).


Desa Sukaraja merupakan satu dari 381 Desa di Kabupaten Sukabumi yang dijadikan pilot project dalam menciptakan Desa Bersinar.


Kepala BNNK Sukabumi, AKBP Deni Yus Danial mengatakan, Penguatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) merupakan tanggung jawab seluruh unsur masyarakat.


Beberapa hal menurut Yus Danial yang saat ini menjadi pemicu maraknya peredaran gelap narkoba dikalangan Masyarakat.


"Salah satu penyebab masih maraknya narkoba adalah lemahnya partisipasi masyarakat, masyarakat masih terlalu apatis, kurang peduli, pemberantasan Narkoba bukan hanya tugas BNN, dalam Undang-undang nomor 35 menyatakan kewajiban seluruh lapisan masyarakat dalam memberantas Narkoba," kata Deni Yus Danial, Kamis (8/8).


BACA JUGA : BNNK Sukabumi Test Urine dan Geledah Lapas Warungkiara, Ini yang Didapat


Lebih jauh Kepala BNNK Sukabumi dalam pemaparannya menjelaskan, upaya BNN dalam menekan maraknya Narkoba di kalangan masyarakat melalui dua sistem yakni Demand Reduction (Upaya Pencegahan) dan Supply Reduction (Pemberantasan).


Desa Bersinar Sukaraja

"Demand Reduction dilakukan dengan 3 upaya yakni menumbuh kembangkan daya tolak yang timbul dari diri sendiri, sehingga masyarakat mampu menyadari bahaya narkoba, dan mempunyai imunitas untuk menolak Narkoba, upaya selanjutnya dengan pemberdayaan masyarakat, dan upaya terakhir adalah melakukan rehabilitasi kepada pecandu," beber Yus Danial.


Dalam upaya Supply Reduction Kepala BNNK Sukabumi meminta peran serta masyarakat dalam pemberantasan dan menekan masuknya narkoba di sukabumi diantaranya jangan diam, laporkan ketika melihat dugaan peredaran gelap Narkoba.


"Seluruh komponen negara menjadi basis deteksi, apabila mengetahui melihat, pemakai, pengedar, segera lapor, silahkan koordinasi dengan Satgas, Relawan atau Polisi dan BNN," tegas Yus Danial.


BACA JUGA : Parkir Sembarang di Kota Sukabumi Siap-siap Gembos Ban


Dalam acara ini, secara simbolis Kepala BNNK Sukabumi meresmikam sekaligus menyematkan seragam kepada Relawan dan Sat Gas Anti Narkoba.



Kepala BNNK Sukabumi berharap seluruh Desa di Kabupaten Sukabumi akan mengikuti keberhasilan Desa bersih dari Narkoba.


"Tanpa peran seluruh unsur masyarakat maka mustahil Desa Bersinar terwujud." tandasnya.


Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bidang Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Provinsi Jabar, Anas Saepudin, Kabid Idielogi dan Ormas pada Kesbangpol Pemkab Sukabumi, Edy, Kapolsek Sukaraja Kompol Supardi dan Perwakilan Apdesi Ojang Afandi dan sejumlah unsur lapisan Masyarakat.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Asistensi BNNK Sukabumi Wujudkan Demand Reduction dan Supply Reduction Peredaran Narkoba Asistensi BNNK Sukabumi Wujudkan Demand Reduction dan Supply Reduction Peredaran Narkoba Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Agustus 08, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads