Header AD

Adjo Sardjono Soroti Ribuan Hektare Lahan Pertanian di Sukabumi Gagal Panen


TatarSukabumi.ID - Musim kemarau panjang tahun 2019 berdampak kekeringan pada ribuan hektare lahan pertanian di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.


Dampak kekeringan kian meluas setiap bulannya, hal ini mengakibatkan Petani terutama padi mengalami Fuso (gagal panen), hal ini diungkap Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sarjono saat ditemui Tatarsukabumi.ID, Rabu (21/8/2019).


"Dampak kekeringan ini kita prihatin karena semakin bertambah luas. Bulan lalu 800 hektare (lahan pertanian) dinyatakan Fuso, sekarang sudah mencapainya 3000 hektare lebih. Ada yang gagal tanam dan gagal panen,"kata Adjo Sardjono, Rabu (21/8).


BACA JUGA : Gempa Terkini Sukabumi, Adjo Sardjono Himbau Warga Tetap Waspada


Masih kata Adjo, Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi sebelumnya telah melakukan antisipasi untuk meminimalisir terjadinya gagal panen akibat dampak musim kemarau yang berkepanjangan.


Salah satunya dengan merubah pola tanam dimusim kemarau, Pemkab Sukabumi menghimbau agar Petani Padi untuk menanam palawija di musim kemarau.


Namun kata Adjo, banyak Petani yang tidak mengikuti himbauan pemerintah dalam menyikapi musim kemarau ini.


"Ada beberapa petani yang tidak mengikuti petunjuk-petunjuk. Pemerintah sudah menganjurkan petani untuk menanam palawija tapi masih ada yang menanam padi hingga berdampak gagal panen karena kekurangan pasokan air," tutur Adjo.


BACA JUGA : Internet Gratis Seluruh Desa Jabar Free WiFi, RK : Sagala Rupa Kudu Internet


Upaya lainnya, Pemkab Sukabumi memberi himbauan agar Petani mengasuransikan tanamannya, sehingga pada saat mengalami kekeringan dan terdampak gagal panen bisa mendapat premi ganti rugi.


"Alhamdulillah ada yang ikut asuransi sehingga ada pertanggungan untuk kerugian akibat Fuso," tuturnya.


Dampak kekeringan akibat musim kemarau saat ini, nyaris separuh bagian wilayah Kabupaten Sukabumi ikut terdampak, menurut Adjo dampak terparah terjadi di bagian Selatan Sukabumi. 


"Kalau daerah Utara seperti kaki gunung gede pangrango dan kaki gunung Halimun Salak masih hijau-hijau. Hanya daerah -daerah tertentu yang tidak dilalui saluran irigasi," jelasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Adjo Sardjono Soroti Ribuan Hektare Lahan Pertanian di Sukabumi Gagal Panen Adjo Sardjono Soroti Ribuan Hektare Lahan Pertanian di Sukabumi Gagal Panen Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Agustus 21, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads