Tertimpa Durian Runtuh Jompo Tua dan Anak Berkebutuhan Khusus Penghuni Rutilahu di Sukabumi Terima Rumah Baru

Selasa, 30 Juli 2019 - 00:00 WIB

Tertimpa Durian Runtuh Jompo Tua dan Anak Berkebutuhan Khusus Penghuni Rutilahu di Sukabumi Terima Rumah Baru
Tertimpa Durian Runtuh Jompo Tua dan Anak Berkebutuhan Khusus Penghuni Rutilahu di Sukabumi Terima Rumah Baru
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Adalah Mak Iyam yang sempat viral sebagai jompo tua berusia 85 tahun dengan keterbatasan kondisi fisik yang tinggal menghuni rutilahu (rumah tidak layak huni) bersama anak berkebutuhan khusus (keterbelakangan mental).


Mak Iyam Jompo tua warga Kampung Situodog Desa/Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi ibarat tertimpa durian runtuh.


Pasalnya, hari ini Mak Iyam secara sah menerima bantuan satu unit rumah baru yang secara simbolis diserahterimakan oleh Camat Kebonpedes Ali Iskandar, bersama sejumlah Pihak yang ikut serta dalam mewujudkan impian Mak Iyam, Senin (29/7/2019).


BACA JUGA : Bocah Putus Sekolah Penjual Agar-agar di Sukabumi, Ternyata Ini Faktanya


Ditemui disela kegiatan, Ali Iskandar kepada TatarSukabumi.ID mengatakan pembangunan rutilahu Mak Iyam diinisiasi oleh komunitas pegiat sosial Sahabat Kristiawan Peduli (SKP).


Tidak hanya bantuan pembangunan rumah oleh SKP yang dimotori Kristiawan Saputra, sejumlah Pihak turut serta dalam aksi sosial kepada Mak Iyam, diantaranya Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi, Relawan Baznas, Pemdes dan Kecamatan Kebonpedes serta Panitia warga setempat.


"Penanganan rumah Mak Iyam seluruhnya dibantu oleh relawan pak Kristiawan (SKP) dengan dana yang teralokasikan semula 20 juta kemudian berkembang menjadi 24 juta,"


"Untuk lahan, Ketua RT setempat memberikan lahan sebagai hibah kepada Mak Iyam," jelas Ali Iskandar, Senin (29/7).


BACA JUGA : Sukabumi Perbatasan Lebak Banten Waspada Gempa


Lebih jauh kepada TatarSukabumi.ID Ali membeberkan, untuk penerangan listrik rumah baru Mak Iyam serta penguatan ekonomi produktif bagi anak kandung Mak Iyam, Baznas Kabupaten Sukabumi telah menyatakan kesiapannya memberi hibah berupa ternak Domba dan Unggas berikut kandang bagi kelangsungan ekonomi keluarga Mak Iyam.


"Baznas juga memberikan bantuan senilai 600 ribu rupiah untuk kebutuhan harian Mak Iyam," terang Ali.


BACA JUGA : 8,5 Hektare Lahan Ilalang Hutan Jati dan Albasiah di Ciemas Sukabumi Terbakar


Hal lain yang diberikan kepada Mak Iyam, Ali memastikan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi akan melakukan intervensi terhadap anak berkebutuhan khusus Mak Iyam untuk mendapat perawatan sekaligus mendapat suport program BPJS.


Disinggung soal pembangunan rumah yang dilakukan komunitas SKP bukan oleh Dinsos, Camat Kebonpedes angkat bicara.


"Dinas Sosial semula akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan rutilahu milik Mak Iyam, karena berkat dorongan panitia akhirnya rumah ini selesai, selanjutnya dipastikan anggaran dari Dinsos akan diberikan ke rumah lain diwilayah Kecamatan Kebonpedes, akan diluncurkan bersama pembangunan rutilahu lainnya ditahun 2019 ini," tukas Ali.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi