Puting Beliung Terjang Parungkuda Pohon Tumbang dan Sejumlah Rumah Rusak

Selasa, 30 Juli 2019 - 00:00 WIB

Puting Beliung Terjang Parungkuda Pohon Tumbang dan Sejumlah Rumah Rusak
Puting Beliung Terjang Parungkuda Pohon Tumbang dan Sejumlah Rumah Rusak
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Setidaknya 3 Desa di wilayah Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi diterjang hujan disertai angin puting beliung, Minggu (7/7/2019).


Hujan disertai angin puting beliung mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan beberapa rumah warga rusak.


Hal ini diungkap Camat Parungkuda, Amir Hamzah saat dihubungi TatarSukabumi.ID, Amir melaporkan hujan deras dibarengi angin puting beliung terjang wilayahnya sekitar pukul 14.30 hingga pukul 15.00 Wib Minggu (7/7/2019) siang tadi.


"Beberapa rumah warga roboh serta rusak, data sementara terjadi di wilayah Desa Langensari, Desa Sundawenang dan Desa Bojongkokosan," kata Amir, Minggu (7/7).


BACA JUGA : Warga Sukabumi Kurang Peduli Sejarah Monumen Palagan Bojongkokosan Sepi Pengunjung


Lebih jauh Amir menjelaskan, laporan sementara dari staff serta relawan TKSK Kecamatan Parungkuda prosentase kerusakan rumah warga mencapai 35 persen.


Sejumlah korban amukan puting beliung dari Kampung Cimacan RT 02/02 Desa Langensari diantaranya, Embing dan Odang mengalami kerusakan pada bagian dapur rumah hingga ambruk, sementara korban lainnya Haris kerusakan pada bagian atap genteng asbes yang terbang  dihempas puting beliung.


Untuk Kampung Citundun RT 50 /21 Desa Sundawenang, puting beliung mengakibatkan Pohon Durian tumbang dan menimpa rumah milik Lili dan Ayi hingga mengakibatkan kerusakan pada bagian atap rumah.


BACA JUGA : Tidak Hanya PPDB, Ternyata Seperti Ini Sistem Zonasi Bagi Jemaah Haji


Meski mengakibatkan kerusakan pada sejumlah rumah warga, namun tidak ada korban jiwa akibat bencana ini.


Amir menegaskan, Pihaknya telah berkoordinasi dengan unsur pemerintah Desa setempat dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Sukabumi.


Saat ini Pihak Kecamatan masih menunggu data ter-update dampak akibat hujan dan puting beliung yang terjadi di Kecamatan Parungkuda.


"Kami langsung mendatangi lokasi sekaligus memberi himbauan kepada masyarakat agar tetap sigap siaga bilamana hujan dan puting beliung susulan untuk lebih waspada mengingat cuaca ekstrim," tandasnya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X