Header AD

Pilkades Serentak 2019 di Sukabumi Rawan Potensi Konflik



TatarSukabumi.ID - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sukabumi dalam waktu dekat akan dihelat.


Pilkades serentak di Kabupaten Sukabumi merupakan Pilkades kedua terbesar se Jawa Barat setelah Kabupaten Bogor.


Sedikitnya 270 Desa di Kabupaten Sukabumi akan melaksanakan pesta demokrasi Pilkades yang rencananya akan digelar dipenghujung tahun 2019 mendatang.


BACA JUGA : Harga Daging Ayam di Sukabumi Anjlok Hingga 10 Ribu Rupiah


Setidaknya 3 Desa diwilayah Kecamatan Kebonpedes akan melangsungkan Pilkades serentak diantaranya Desa Bojongsawah, Desa Cikaret dan Desa Kebonpedes.


Ditemui diruang kerjanya, Camat Kebonpedes, Ali Iskandar kepada TatarSukabumi.ID memastikan Pihaknya telah siap menyongsong Pilkades 2019 mendatang, menurutnya saat ini tengah dilakukan tahapan penyusunan Panitia Penyelenggara Pilkades di Tingkat Desa.


Lebih jauh menurut Ali Iskandar, secara teknis Pilkades merupakan hal yang biasa sesuai dengan regulasi yang mendasarinya yaitu Undang-undang nomor 6, PP 47 junto PP 43, Permendagri nomor 112 tentang pengakatan Kepala Desa, Permendagri 82 tentang pengangkatan dan Pemberhentian kepala desa, Perda nomor 9 jo Perda nomor 6 dan Perbup nomor 51 jo Perbub 26, beber Ali Iskandar, Senin (1/7/2019).


BACA JUGA : Wanita Ngamuk-ngamuk Bawa Anjing Kedalam Masjid Diduga Depresi


Disinggung terkait kerawanan potensi konflik saat Pilkades mendatang, Ali Iskandar menyatakan tidak ada indikator secara spesifik untuk menyatakan suatu wilayah termasuk kedalam zona merah (rawan potensi konflik) namun menurutnya semua bisa menjadi berpotensi konflik bila tidak dipersiapkan secara matang.


"Semua persiapan harus kita lakukan sebaik baiknya, seluruh kekuatan akan kita kerahkan agar tidak terjadi konflik," tegas Ali Iskandar, Senin (1/7).


BACA JUGA : Pasukan Kuning Polresta Sukabumi Sambut HUT Bhayangkara Polri ke-73


Ditempat terpisah, Kapolsek Kebonpedes, Iptu Yanto Sudiarto kepada TatarSukabumi.ID mengatakan Pihaknya telah melakukan pemetaan dan dipastikan seluruh tahapan hingga pelaksanaan Pilkades di Wilayah Hukum Polsek Kebonpedes Polresta Sukabumi bisa berjalan kondusif.


"Pilkades identik dengan kerawanan karena calonnya warga setempat, tapi tetap akan Kita antisipasi,"


"Untuk pengamanan Pilkades kita tetap siaga, untuk penambahan anggota, kami nanti akan meminta bantuan dari Polresta Sukabumi untuk antisipasi pengamanan, lebih banyak lebih bagus untuk pengamanan," jelas Iptu Yanto. (*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Pilkades Serentak 2019 di Sukabumi Rawan Potensi Konflik Pilkades Serentak 2019 di Sukabumi Rawan Potensi Konflik Reviewed by TatarSukabumi.ID on Senin, Juli 01, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads