Pedagang Musiman Hewan Qurban di Sukabumi Mulai Menjamur, Harga Sapi Naik 2 Juta

Selasa, 30 Juli 2019 - 00:00 WIB

Pedagang Musiman Hewan Qurban di Sukabumi Mulai Menjamur, Harga Sapi Naik 2 Juta
Pedagang Musiman Hewan Qurban di Sukabumi Mulai Menjamur, Harga Sapi Naik 2 Juta
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Jelang hari Raya Idul Adha (Idul Qurban) pedagang hewan ternak musiman mulai bermunculan di sejumlah ruas jalan di Sukabumi, Rabu (10/7/2019).


Sejumlah pedagang hewan qurban mengakatan terjadi lonjakan harga hewan qurban yang cukup signifikan dibanding tahun 2018 lalu.


Dari sekian banyak penjual hewan qurban, Rahmat Kartolo, salah seorang pedagang Sapi yang telah menggeluti usaha ini sejak 40 tahun terakhir yang saat ini mangkal dikawasan Jalan Jalur Lingkar Selatan Sukabumi mengatakan, pada musim qurban tahun 2019 terjadi kenaikan harga jual hewan qurban, untuk satu ekor Sapi mengalami kenaikan harga dikisaran 1,5 juta hingga 2 juta rupiah.


BACA JUGA : Gadis Asal Jampang Sukabumi Juara 3 Tahfidz Al-Quran 1 Juz Tingkat Nasional


Lebih jauh menurut Rahmat, untuk tahun 2018, harga seekor sapi termurah yang dijual hanya berkisar antara 15 hingga 16 juta rupiah, namun untuk tahun ini harga termurah mencapai 17 hingga 18 juta setiap ekornya.


Menurutnya, kenaikan harga jual hewan qurban disebabkan oleh naiknya harga pakan serta ongkos biaya pengelolaan hewan ternak.


Namun menurutnya, untuk kenaikan harga hewan qurban di Sukabumi masih berada di batas ambang kewajaran.


BACA JUGA : Pemkab Sukabumi Butuh Perda Untuk Berantas Rentenir Berkedok Koperasi Simpan Pinjam


Disinggung mengenai jumlah hewan yang disiapkan jelang Idul Adha, Rahmat mengaku menyiapkan sekitar 150 ekor sapi untuk dijual di wilayah Sukabumi.


"Untuk tahun ini kita siap pasarkan 150 ekor Sapi, harga termurah 17 juta dan termahal dikisaran 50 juta rupiah," kata Rahmat, Rabu (10/7).


Masih kata Dia, Sapi yang dijual di Sukabumi didatangkan dari Jawa Timur Madura hingga Bali, yang terdiri dari beberapa jenis diantaranya Limosin, Simental, PO dan jenis sapi lainnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X