Header AD

Manasik Massal 1625 Calon Haji Sukabumi


Manasik Haji Calhaj Kabupaten Sukabumi tahun 2019


TatarSukabumi.ID - "Labbaik Allahhumma Labbaik Labaikka Laasyariikalaka Labbaik" berkumandang dari para calon jemaah haji asal Sukabumi yang tengah melakukan bimbingan manasik haji dibawah bimbingan PPIHD (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Kabupaten Sukabumi, di Gedung Bazul Asyhab Pusbangdai (Pusat Pengembangan Dakwah Islam) Cikembar, Sukabumi, Rabu (3/7) kemarin.


Ketua PPIHD Kabupaten Sukabumi, sekaligus Pejabat seksi urusan Haji dan Umroh pada Kementrian Agama Kabupaten Sukabumi, Ramlan Rustandi mengatakan, tahapan bimbingan manasik haji dilakukan dalam tiga tahapan.


Bimbingan awal dilaksanakan oleh KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) selanjutnya tahapan kedua dilaksanakan oleh KBIH tingkat Kecamatan dan terakhir manasik haji massal dilakukan hari ini ditingkat Kabupaten.


"Dari ke-tiga tahapan tersebut sudah selesai, seluruh calon jemaah haji Kabupaten Sukabumi dibagi menjadi empat gelombang pemberangkatan, dengan jumlah 1625 calon haji," beber Ramlan.


BACA JUGA : Warga Sukabumi Kurang Peduli Sejarah Monumen Palagan Bojongkokosan Sepi Pengunjung


Data yang diterima TatarSukabumi.ID, tidak seluruh calon haji (Calhaj) mengikuti kegiatan ini, menurut Ramlan sebagian Calhaj terkendala kondisi kesehatan, akses jarak tempuh dan aktivitas pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan.


Lebih jauh menurut Ramlan, bimbingan manasik ini tidak hanya sebatas pemberian arahan dan materi dalam menunaikan rukun haji mulai dari niat Ihram, Thawaf mengelilingi Ka'bah, Sa'i, Wukuf, Tahalul secara tertib, namun lebih luas lagi, giat ini sebagai sarana konsolidasi dan silaturahim akbar antara Calhaj Kabupaten Sukabumi.


BACA JUGA : Harga Daging Ayam di Sukabumi Anjlok Hingga 10 Ribu Rupiah


Disinggung kendala yang dihadapi Panitia Haji Kabupaten Sukabumi, Ramlan memastikan hingga saat ini seluruh tahapan berjalan sesuai scedul.


"Walau demikian tetap ada kendala yang kami hadapi, pertama saat menginformasikan bila adanya perubahan jadwal, namun hal itu bisa diantisipasi,"


"Kendala kedua ,mengenai sarana penunjang tentunya akan lebih optimal bila disekitar Pusbangdai fasilitas toilet dan penempatan pengeras suara untuk ditambah." Pungkas Ramlah.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Manasik Massal 1625 Calon Haji Sukabumi Manasik Massal 1625 Calon Haji Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Juli 04, 2019 Rating: 5

Post AD

home ads