Hasil Rekontruksi Bus Maut Pengantar Jemaah Haji Kota Sukabumi

Selasa, 30 Juli 2019 - 00:00 WIB

Hasil Rekontruksi Bus Maut Pengantar Jemaah Haji Kota Sukabumi
Hasil Rekontruksi Bus Maut Pengantar Jemaah Haji Kota Sukabumi
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Insiden Bus Maut pengantar 278 Calon Haji (Calhaj) tahun 2019 asal Kota Sukabumi yang terlibat kecelakaan tepat pada detik-detik pelepasan Jemaah Haji yang dilaksanakan di Gedung Juang 45 Sukabumi pada pukul 18.00 WIB Selasa (16/7) kemarin, mengakibatkan jatuhnya  5 Korban.


Dalam insiden tragis ini, seorang pelajar yang baru menginjak kelas VII SMP tewas,  sementara 4 korban lainnya menderita luka-luka.


Pihak Kepolisian Resor Sukabumi Kota telah melakukan olah TKP, memeriksa saksi dan mengumpulkan bukti-bukti.


BACA JUGA : Sopir Bus Maut Pengantar Jemaah Haji Sukabumi Ditetapkan Menjadi Tersangka


Selanjutnya Kepolisian Resor Sukabumi Kota telah melakukan penangkapan terhadap Sopir Bus dari Perusahaan Otobus Nuansa Ilham dan menetapkan Sopir Bus sebagai tersangka dan langsung dilakukan penahanan.


Hal ini diungkap Kapolresta Sukabumi AKBP Susatyo Purnomo Condro dalam press release usai melakukan rekontruksi kejadian insiden berdarah ini.


BACA JUGA : Insiden Maut Pengantar Jemaah Haji Kota Sukabumi, 1 Meninggal Dunia 4 Luka-luka


Menurut Susatyo, penetapan Sopir Bus Nuansa Ilham sebagai tersangka dilakukan setelah pihaknya melakukan pendalaman, penyelidikan serta pengumpulan bukti-bukti dan melakukan rekontruksi di TKP.



"Dapat diduga sopir tersebut lalai atau ceroboh. dari keterangan para saksi, juga dari beberapa video yang beredar di masyarakat kami merekontruksi.


"Setelah 7 Bus lainnya yang didepan bisa melewati jalur ini, bus terakhir salah perhitungan, mengambil terlalu kanan, kemudian menabrak pagar, dan pagar tersebut menarik mahkota dari pilar hingga terjatuh," jelas Susatyo, Kamis (17/7).


BACA JUGA : 1 Tewas 4 Luka Dalam Insiden Bus Pengantar Keloter Jemaah Haji Kota Sukabumi


Masih dalam keterangan Kapolresta Sukabumi, dari hasil rekontruksi terkuak jika Korban tewas berada didalam area dalam pagar, sementara posisi 4 korban luka berada diluar pagar tertimpa patahan pilar.


"Dilokasi yang meninggal dunia akibat tergencet pagar dan yang 4 luka-luka akibat tertimpa mahkota pagar," jelasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi